PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN

SIHOMBING, MEI WIKA TRIANA (2018) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133311058 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133311058 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133311058 APROVAL SHET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133311058 APROVAL SHET.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133311058 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133311058 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133311058 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133311058 PREFACE.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133311058 CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133311058 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133311058 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133311058 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133311058 LIST OF ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133311058 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133311058 LIST OF APPEDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133311058 LIST OF APPEDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133311058 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133311058 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133311058 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133311058 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133311058 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133311058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa serta mendeskripsikan bagaimana proses penyelesaian soal yang berkaitan dengan kemampuan penalaran matematis yang dibuat oleh siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada sub pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D SMP Negeri 23 Medan T.A 2017/2018 yang berjumlah 36 orang dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematis dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada sub pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencapai keberhasilan pada siklus kedua. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, siswa diberikan tes diagnostik terlebih dahulu untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di kelas tersebut, dan pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes kemampuan penalaran matematis.
Dari hasil analisis data, diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematis subjek penelitian pada sub pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel mulai dari tes diagnostik sampai pada tes kemampuan penalaran matematis I dan II terus mengalami peningkatan. Pada tes diagnostik subjek penelitian memperoleh skor rata-rata tes kemampuan penalaran matematis 54,8% (rendah) dan mengalami peningkatan pada TKPM I dengan capaian rata-rata skor tes sebesar 66,2% (rendah) dan meningkat lagi pada TKPM II dengan capaian skor rata-rata tes sebesar 79,4% (sedang). Untuk kemampuan penalaran matematis per aspek/indikator secara umum juga mengalami peningkatan dengan rincian sebagai berikut : indikator mengajukan dugaan mencapai 91%, indikator melakukan manipulasi matematis mencapai 84%, indikator memberikan bukti kebenaran solusi mencapai 78%, indikator menarik kesimpulan mencapai 73%, indikator memeriksa kesahihan suatu argumen mencapai 72%, dan indikator melakukan generalisasi mencapai 68,5%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis subjek penelitian pada sub pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 096
Keywords: matematika realistik; PTK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 14:49
Last Modified: 27 Mar 2019 03:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33354

Actions (login required)

View Item
View Item