SINULINGGA, DESY IRHAMNI SARI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 057194 SEI LIMBAT KEC. SELESAI KAB. LANGKAT T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141141111024_COVER..pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 1141111024_LEMBAR PENGESAHAN & LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3. NIM. 1141111024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM. 1141111024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. NIM. 1141111024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1141111024_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM. 1141111024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7. NIM. 1141111024_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
9. NIM. 1141111024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
10. NIM. 1141111024_BAB I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
14. NIM. 1141111024_BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
15. NIM. 1141111024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan metode Diskusi Kelompok pada pokok bahasan Masalah Sosial di kelas IV SD Negeri 057194 Sei Limbat Kec. Selesai Kab. Langkat T. A 2017/2018. Penelitian menggunakan desain PTK dengan tindakan menggunakan metode Diskusi Kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV SD
Negeri 057194 Sei Limbat T.A 2017/2018 yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah penggunaan metode Diskusi Kelompok. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dansiklus II yaitu siklus I dan II dimana pada tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data, pada Pre test diperoleh ketuntasan belajar siswa
bahwa dari 30 siswa hanya 9 siswa yang tuntas dalam belajar dengan persentase 30%, sedangkan yang belum tuntas berjumlah 21 siswa dengan persentase 70% dengan rata-rata kelas 48,16. Pada Siklus I Post Test I diperoleh nilai 12 siswa
meningkat dan tuntas dalam belajar dengan persentase 40%, sedangkan 18 siswa dengan persentase 60% meningkat namun tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas 63,5. Pada pelaksanaan Siklus II Post Test II, diperoleh peningkatan hasil belajar siswa, dari 30 siswa terdapat 27 siswa yang meningkat dan tuntas dalam belajar dengan persentase 90%, sedangkan 3 siswa lagi memperoleh nilai hasil belajar
yaitu meningkat namun tidak tuntas dengan rata-rata kelas 77,16. Dari Siklus I ke Siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 50%. Berdasarkan temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Diskusi Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan Masalah Sosial kelas IV SD Negeri 057194 Sei Limbat Kec. Selesai Kab. Langkat T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 136 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 13:54 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33313 |