LINGGA, ANGGERENI NOVENBRINA (2018) MENINGKATKLAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.1143111007_COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 1143111007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
3. NIM. 1143111007_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM. 1143111007_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
5. NIM. 1143111007_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
6. NIM. 114311107_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1143111007_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 1143111007_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1143111007_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. NIM. 1143111007_BAB I.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
14. NIM. 1143111007_BAB V.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
15. NIM. 1143111007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi pengubahan pecahan kebentuk persen dan sebaliknya di kelas V SD Negeri 10176 Bandar Setia T.A 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VA SDN 101766 Bandar Setia yang berjumlah 37 orang yang terdiri dari 20 laki-laki dan 17 perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes berupa soal pilhan berganda, dan lembar observasi untuk guru dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Berdasarkan analisis data, hasil pre test diperoleh, siswa yang tuntas sebanyak 6 orang (16,21%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 31 orang (83,37%). Dengan rata-rata nilai klasikal sebesar 52,97. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching, hasil yang diperoleh siswa setelah melakukan post test didapati siswa yang tuntas sebanyak 13 orang (35,15%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 24 orang (64,86%). Dengan rata-rata nilai klasikal sebesar 63,37. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan namun belum mencapai kriteria indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan. Maka dari itu, harus ditindak lanjuti dengan melaksanakan siklus II. Selanjutnya setelah pelaksanaan siklus II hasil yang diperoleh siswa setelah melakukan post test didapati siswa yang tuntas sebanyak 32 orang (86,48%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 4 orang (13,51%). Dengan rata-rata nilai klasikal 73,63. Hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan dan telah mencapai criteria indicator keberhasilan yang telah ditetapkan, maka dari itu penelitian hanya sampai mencapai siklus II dan tidak dilanjutkan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pengubahan pecahan kebentuk persen dan sebaliknya di kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 130 |
Keywords: | Model Pembelajarn Quantum Teaching, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 13:40 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33300 |