Sijabat, Heni Winarti (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI KELAS V SDN 106453 SUKADAMAI KEC. SEI BAMBAN KAB.SERDANG BEGADAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311024_COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 1143311024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
3. NIM. 1143311024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
4. NIM. 1143311024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
5. NIM. 1143311024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
6. NIM. 1143311024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM. 1143311024_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. NIM. 1143311024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM. 1143311024_BAB I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
13. NIM. 1143311024_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 1143311024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dilihat peneliti disekolah yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA karena guru masih menggunakan metode ceramah dan
belum menggunakan metode-metode yang inovatif. Guru juga kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dalam proses belajar mengajar. Selain itu guru kurang memanfaatkan sarana dan prasarana sebagai pendukung proses pembelajaran. Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti
akan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 106453 Suka Damai. Peneliti ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan, dalam setiap siklus
dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan tes dan observasi. Subjek dalam
penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V berjumlah 23 orang siswa yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 9 orang perempuan di SDN 106453 Suka Damai. Penelitian ini dikatakan berhasil setelah siswa memperoleh nilai ≥70 dan
ketuntasan klasikal sebesar ≥80%. Berdasarkan analisis data, perolehan nilai menunjukan dari 23 orang siswa kelas V SDN 106453 Suka Damai bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada kondisi awal terdapat 16 orang siswa belum tuntas dengan persentase hasil belajar 69,57% dan 7 orang siswa yang tuntas dengan persentase hasil
belajar 30,43% dengan nilai rata-rata 56,95. Selanjutnya dilaksanakan siklus I dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terdapat 9 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase 39,13% dan 14 orang siswa
yang tuntas dengan persentase hasil belajar 60,87% dengan nilai rata-rata 72,82. Pada siklus II terdapat 2 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase hasil belajar 8,70% dan 21 orang siswa yang tuntas dengan persentase 91.30% dengan
nilai rata-rata 87,82. Dengan diperoleh data-data siswa pada siklus II, peneliti dikatakan berhasil karena telah mencapai ketuntasan klasikal (nilai ≥80%) Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok cahaya dan sifatnya di kelas V SD Negeri 106453 Sukadamai T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 122 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning , Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 11:27 |
Last Modified: | 20 Mar 2019 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33265 |