PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN LKS DAN TANPA LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI SMA SWASTA UISU MEDAN T.P. 2017/2018

RAFIKA, NADIA (2018) PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN LKS DAN TANPA LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI SMA SWASTA UISU MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133341027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133341027 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133341027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133341027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133341027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133341027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133341027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133341027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133341027 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133341027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133341027 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133341027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4133341027 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133341027 TABLES.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133341027 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133341027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133341027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133341027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133341027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133341027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133341027 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133341027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan LKS dan tanpa LKS terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi Struktur dan Fungsi Sel di Kelas XI SMA SWASTA UISU Medan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen I yang menggunakan LKS adalah 54,47 dan nilai rata-rata kelas eksperimen II yang tidak menggunakan LKS adalah 52,59. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah homogen. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen I adalah 84,59 dan kelas eksperimen II adalah 74,47. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada materi Struktur dan Fungsi Sel menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan LKS dan tanpa LKS terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α 0,05 dimana thitung > ttabel = 18,8 > 1,67 yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan penerapan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan LKS dan tanpa LKS terhadap hasil belajar siswa pada materi Struktur dan Fungsi Sel di kelas XI SMA SWASTA UISU Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BIO 060
Keywords: model kooperatif Tipe students teams achivement division, hasil belajar, LKS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 11:26
Last Modified: 19 Mar 2019 04:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33264

Actions (login required)

View Item
View Item