RAFIKA, NADIA (2018) PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN LKS DAN TANPA LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI SMA SWASTA UISU MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133341027 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4133341027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
3. NIM. 4133341027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
4. NIM. 4133341027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM. 4133341027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 4133341027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. NIM. 4133341027 TABLES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM. 4133341027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4133341027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
13. NIM. 4133341027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4133341027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan LKS dan tanpa LKS terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi Struktur dan Fungsi Sel di Kelas XI SMA SWASTA UISU Medan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen I yang menggunakan LKS adalah 54,47 dan nilai rata-rata kelas eksperimen II yang tidak menggunakan LKS adalah 52,59. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah homogen. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen I adalah 84,59 dan kelas eksperimen II adalah 74,47. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada materi Struktur dan Fungsi Sel menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan LKS dan tanpa LKS terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α 0,05 dimana thitung > ttabel = 18,8 > 1,67 yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan penerapan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan LKS dan tanpa LKS terhadap hasil belajar siswa pada materi Struktur dan Fungsi Sel di kelas XI SMA SWASTA UISU Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 060 |
Keywords: | model kooperatif Tipe students teams achivement division, hasil belajar, LKS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 11:26 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33264 |