WINARNI, CEMPAKA EDY (2018) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SD NEGERI 105361 LUBUK CEMARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111019_COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 1141111019_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4. NIM. 1141111019_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM. 1141111019_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM. 1141111019_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 1141111019_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1141111019_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
14. NIM. 1141111019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
9. NIM. 1141111019_BAB I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
13. NIM. 1141111019_BAB V.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
8. NIM. 1141111019_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di SD Negeri 105361 Lubuk Cemara. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 105361 Lubuk Cemara Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi penelitian ini sebanyak 96 siswa terdiri dari 3 kelas yaitu kelas
V, VIA dan VI B yang berusia 10 tahun atau lebih dari 10 tahun, sampel penelitian ini merupakan penelitian populasi sebanyak 96 siswa, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk kecerdasan emosional dan
tes untuk kemampuan berpikir kreatif siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji koefisien korelasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa kecerdasan emosional siswa SD Negeri 105361 Lubuk Cemara yaitu sebanyak 15 siswa dinyatakan memiliki kecerdasan emosional kategori tinggi, 36 siswa kategori sedang, 33 siswa kategori cukup, dan 12 siswa kategori rendah. Kemampuan berpikir kreatif siswa SD Negeri 105361 Lubuk Cemara yaitu sebanyak 3 siswa dinyatakan memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif
kategori Very Superior (Amat sangat kreatif), 32 siswa kategori Superior (Sangat kreatif), 37 siswa kategori High Average (Kreatif), 24 siswa kategori Average/normal (Cukup kreatif), dari hasil uji statistik pada taraf signifikansi 0,05 bahwa penelitian ini berdistribusi normal ( < ) yaitu untuk pada variabel kecerdasan emosional 0,053 dan kemampuan berpikir kreatif siswa 0,064 dengan 0,090. Pada uji homogenitas data yang diperoleh homogen (3,738 < 5,991). Kedua variabel juga memiliki keterikatan linear yaitu Fhitung > Ftabel (17,401 > 3,942). Hasil uji koefisien korelasi bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kreatif siswa SD Negeri 105361 Lubuk Cemara. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan koefisien korelasi yakni nilai dari > (0,395 > 0,201). Interprestasi koefisien korelasi dengan = 0,395 menyatakan bahwa tingkat hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kreatif siswa SD Negeri 105361 Lubuk Cemara dikategorikan rendah. Hasil uji hipotesis bahwa Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SD Negeri 105361 Lubuk Cemara dengan > (4,169 > 1,986). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SD Negeri 105361 Lubuk Cemara .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 119 |
Keywords: | Kecerdasan Emosional, Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 11:19 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33257 |