ANGGRAINI, DARA GIA (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 101800 DELI TUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1142111003_COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 1142111003_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 1142111003_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 1142111003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 1142111003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 1142111003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1142111003_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1142111003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1142111003_BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM. 1142111003_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 1142111003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 101800 Deli Tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V-B. Sampel diambil dari keseluruhan siswa kelas V-B yang akan diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan masalah.
Analisis data yang digunakan adalah uji Liliefors dan uji t paired sample t-test.. Berdasarkan hasil pre-test diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 40,48 sedangkan pada post-test diperoleh rata-rata kemampuan
pemecahan masalah siswa sebesar 79,84. Dari hasil post-test maka diperoleh sebanyak 25 siswa memiliki kemampuan pemecahan yang baik dan 8 siswa
memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sangat baik. Dari hasil analisis menggunakan uji t untuk menguji hipotesis diperoleh hasil thitung sebesar 45,76 dengan taraf signifikansi 0,05 dengan df = n-1, maka df = 33-1 = 32 maka
diperoleh ttabel (0,05;32) sebesar 1,69. Dari analisis data model pembelajaran Problem Based Learning dapat dinyatakan efektif secara signifikan dengan thitung > ttabel.
Berdasarkan hasil analisis data statistik dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 101800 Deli Tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 120 |
Keywords: | Efektivitas; Kemampuan pemecahan masalah; Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 11:17 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33254 |