SINAGA, RENI MASDAWATI (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI 107400 BANDAR KHALIPAH TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311051_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1143311051_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
3. NIM. 1143311051_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. NIM. 1143311051_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
5. NIM. 1143311051_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
7. NIM. 1143311051_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
6. NIM. 1143311051_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8. NIM. 1143311051_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM. 1143311051_BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13. NIM. 1143311051_BAB V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM. 1143311051_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe pair check terhadap hasil belajar matematika kelas III SDN 107400 Bandar Khalipah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 107400 Bandar Khalipah pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 107400 Bandar Khalipah yang berjumlah 55 siswa, yang terbagi atas kelas IIIa sebanyak 29 siswa dan Kelas IIIb sebanyak 26 siswa. Sampel dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik total sampel yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Dari hasil pengumpulan data pada kelas ekperimen dengan model Pair Check diperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata 85,19 dengan standar deviasi sebesar8,77, dengan peningkatan sebesar 65% sedangkan kelas kontrol dengan model konvensional ceramah diperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata 59,14 dengan standar deviasi sebesar 11,96, dengan peningkatan sebesar 43%. Analisis data menunjukkan bahwa nilai normalitas hasil belajar pada kelas eksperimen dengan model Pair Check (L0 = 0,0994) memiliki distribusi normal dan nilai normalitas pada kelas kontrol dengan model konvensional (L0 = 0,1486) memiliki distribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan Fhitung (1,859) < harga Ftabel (1,932) yang disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa perolehan thitung (9,195) > ttabel (2,006), dengan α = 0,05 dan dk = 53, maka H0 ditolak Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 107400 Bandar Khalipah Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 107400 Bandar Khalipah Tahun Ajaran 2017/2018. Dengan demikian Hipotesisi Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 118 |
Keywords: | Hasil Belajar, Pair Check |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 11:06 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33246 |