NURFITRI, DWI (2018) PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4111131004 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4111131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
3. NIM. 4111131004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 4111131004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM. 4111131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 4111131004 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
6. NIM. 4111131004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4111131004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4111131004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
13. NIM. 4111131004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14.NIM. 4111131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan M3PK lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan konvensional pada materi hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Sicanggang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Satu kelas dibelajarkan dengan menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) ; sedangkan kelas lainnya dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar tersebut dari masing-masing kelas diukur dengan instrumen tes hasil belajar bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item, yang memenuhi validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistik t. Data yang diperoleh : rata-rata hasil belajar siswa SMA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah sebesar 78,375 dan rata-rata hasil belajar siswa SMA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran M3PK adalah sebesar 82,875. Berdasarkan analisis data dengan teknik statistik t tersebut pada tingkat signifikan 0,05% dapat dinyatakan bahwa Hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan M3PK lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan konvensional pada materi hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 036 |
Keywords: | Hasil Belajar, M3PK, Hidrokarbon |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 11:03 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33242 |