Sigalingging, Ester (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2131111015 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
02. NIM 2131111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
03. NIM 2131111015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
04. NIM 2131111015 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
05. NIM 2131111015 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
06. NIM 2131111015 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
07. NIM 2131111015 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM 2131111015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
12. NIM 2131111015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
13. NIM 2131111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam menulis teks persuasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Binjai dengan jumlah 271 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa yang diambil secara homogen dengan random kontrol-group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakanrumus uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 64,28, standar deviasi = 7,05, digolongkan 14 siswa atau 40% termasuk katagori baik, 16 siswa atau 45,71% katagori cukup, dan 5 siswa atau 14,29% katagori kurang. Nilai rata-rata post-test 77,85, standar deviasi = 9,45, digolongkan 8 siswa atau 22,86% termasuk katagori sangat baik, 24 siswa atau 68 siswa katagori baik, dan 3 siswa atau 8,57% katagori cukup. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 6,75. Selanjutnya to tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df=N-1, yakni 35-1=34. Dari df 34 diperoleh taraf signifikat 5%=2,03. Dengan demikian thitung>ttabel, yakni 6,75>2,03 dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data diatas, dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Based learning efektif diterapkan dalam proses pembalajaran menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Binjai tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 064 |
Keywords: | Model Pembelajaran problem based learning; Menulis teks persuasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 10:50 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33231 |