EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Sigalingging, Ester (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM  2131111015 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 2131111015 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM  2131111015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 2131111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM  2131111015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 2131111015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM  2131111015 ACNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
04. NIM 2131111015 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM  2131111015 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
05. NIM 2131111015 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM  2131111015 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
06. NIM 2131111015 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM  2131111015 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
07. NIM 2131111015 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM  2131111015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
08. NIM 2131111015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM  2131111015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2131111015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM  2131111015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2131111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam menulis teks persuasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Binjai dengan jumlah 271 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa yang diambil secara homogen dengan random kontrol-group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakanrumus uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 64,28, standar deviasi = 7,05, digolongkan 14 siswa atau 40% termasuk katagori baik, 16 siswa atau 45,71% katagori cukup, dan 5 siswa atau 14,29% katagori kurang. Nilai rata-rata post-test 77,85, standar deviasi = 9,45, digolongkan 8 siswa atau 22,86% termasuk katagori sangat baik, 24 siswa atau 68 siswa katagori baik, dan 3 siswa atau 8,57% katagori cukup. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 6,75. Selanjutnya to tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df=N-1, yakni 35-1=34. Dari df 34 diperoleh taraf signifikat 5%=2,03. Dengan demikian thitung>ttabel, yakni 6,75>2,03 dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data diatas, dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Based learning efektif diterapkan dalam proses pembalajaran menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Binjai tahun pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 064
Keywords: Model Pembelajaran problem based learning; Menulis teks persuasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 10:50
Last Modified: 18 Mar 2019 04:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33231

Actions (login required)

View Item
View Item