Khairuna (2011) ANALISIS KESULITAN GURU BIOLOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI SE-KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1-809735008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
2-809735008 Abstrak.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3-809735008 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4-809735008 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5-809735008 Bab V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
6-809735008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan guru biologi dalam proses pembelajaran yang ditinjau dari aspek kesulitan menyusun perangkat pembelajaran, kesulitan pada pelaksanaan pembelajaran, dan kesulitan dalam melaksanakan evaluasi. Penelitian dengan metode deskriptif, data diperoleh melalui dokumentasi, observasi, angket, dan wawancara, di SMA Negeri se-Kota Medan tahun 2011. Populasi penelitian semua guru SMA Negeri se-Kota Medan sebanyak 120 orang guru biologi dan sampel 30 orang guru kelas XI dari 15 SMA Negeri Kota Medan. Teknik yang digunakan adalah analisis statistik, yaitu dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian ini adalah kesulitan guru biologi dalam aspek menyusun perangkat pembelajaran sebesar 46,91% termasuk kategori kesulitan rendah, kesulitan guru biologi dalam aspek pelaksanaan pembelajaran sebesar 66,72% termasuk kategori kesulitan sedang, kesulitan guru biologi dalam aspek evaluasi sebesar 53,40% termasuk kategori kesulitan sedang. Rata-rata jumlah persentase guru biologi dalam proses pembelajaran sebesar 56,88% termasuk kategori kesulitan sedang. kesulitan guru biologi berdasarkan jenjang pendidikan, rata-rata persentase kesulitan guru biologi dengan pendidikan S1 sebesar 54;92%, termasuk kategori kesulitan sedang. Kesulitan guru biologi dengan pendidikan S2 sebesar 57,08%, termasuk kategori kesulitan sedang. Kesulitan guru biologi berdasarkan sertifikasi, rata-rata jumlah kesulitan guru biologi yang sudah sertifikasi sebesar 53,48%, termasuk kategori kesulitan sedang dan rata-rata jumlah kesulitan guru biologi yang belum sertifikasi sebesar 70,47% termasuk kategori kesulitan tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570 .7 Kha a |
Keywords: | Profesionalisme; Pembelajaran; Biologi; Pengajaran; Belajar mengajar; Kompetensi pedagogik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 10 May 2016 00:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3323 |