Napitupulu, Rio Parsaoran (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU KELAS IV SD NEGERI 060925 SUDIREJO. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166181027 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM. 8166181027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
3. NIM. 8166181027 PREFACE .pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
4. NIM. 8166181027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 8166181027 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
6. NIM. 8166181027 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 8166181027 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8166181027 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM. 8166181027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
13. NIM. 8166181027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. NIM. 8166181027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan software media pembelajaran untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku pembelajaran 1 dan 5 kelas IV SD Negeri 060925 Sudirejo. Peneliti menggunakan Multimedia Interaktif yaitu Adobe Flash CS 6 dalam perancangan dan pengembangan media pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D, yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan diseminasi (disseminat). Keefektifan multimedia Interaktif berdasarkan tes hasil belajar yaitu pada ketuntasan data belajar hasil individu pada kelas yang menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif yaitu Adobe flash CS 6 memperoleh nilai rata-rata 82,68 yaitu dari 30 siswa yaitu 27 dinyatakan tuntas dan 3 tidak tuntas dan pada kelas yang menggunakan media pembelajaran Power Point memperoleh nilai rata-rata yaitu 69,35 dari 30 siswa 21 dinyatakan tuntas dan 9 dinyatakan tidak tuntas. Berdasarkan hasil penilaian validator pada ahli materi memperoleh kelayakan mencapai 3,75 dengan kategori sangat baik. Pada ahli Media memperoleh kelayakan 3,33 dengan kategori sangat baik dan pada ahli desain memperoleh kelayakan 3,36 dengan kategori sangat baik. Dari hasil validasi tersebut kelayakan media Adobe Flash CS 6 berbasis multimedia interaktif sangat layak untuk digunakan. Hasil analisis uji perbedaan diperoleh bahwa t-hitung > t-tabel (3,3 > 2,0) pada taraf significan (0,05) dengan kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa multimedia interaktif lebih efektif digunakan dan teruji kebenarannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SD Negeri 060925 Sudirejo
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.5 Nap p |
Keywords: | Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Keberagaman Budaya Bangsaku, Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN357 Culture and cultural processes L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Mar 2019 04:54 |
Last Modified: | 09 Mar 2019 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33173 |