Wulandari, Sri (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 17 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166171038 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM 8166171038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
3. NIM 8166171038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 8166171038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM 8166171038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. NIM 8166171038 TABLES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7. NIM 8166171038 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 8166171038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8166171038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
13. NIM 8166171038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar yang dikembangkan, 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, 3) mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar siswa yang menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 dan VIII-9 SMP Negeri 17 Medan. Dari hasil uji coba lapangan I dan uji coba lapangan II diperoleh: 1) bahan ajar yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif, 2) terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis, 3) terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Wul p |
Keywords: | Bahan ajar, pendekatan metakognisi, Model Pengembangan 4-D, Kemampuan Penalaran Matematis, dan Kemandirian Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Mar 2019 08:43 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33146 |