Andarini,, Nova (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR BERBANTUAN TEKNOLOGI SISWA KELAS XI SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166191009 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 8166191009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
3. NIM. 8166191009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
4. NIM. 8166191009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 8166191009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 8166191009 TABLES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7. NIM. 8166191009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8166191009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8166191009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
13. NIM. 8166191009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
14. NIM. 8166191009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbantuan teknologi pada materi teks prosedur untuk kelas XI SMK Tritech Informatika Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model Borg and Gall. Tahapan pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal, dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi materi termasuk kelayakan isi dengan rata-rata 85,93% dengan kategori sangat baik, kelayakan Penyajian dengan rata-rata 88,46 dengan kategori sangat baik, dan penilaian aspek bahasa dengan rata-rata 86,5% dengan kategori sangat baik. Uji coba produk dilakukan dalam tiga tahap: pengujian individual, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan terbatas. Uji coba individu dengan rata-rata 86,1% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 91,2% dengan kategori sangat baik, dan uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 88,99 dengan kategori sangat baik. Efektivitas bahan ajar diperoleh melalui hasil belajar siswa pada pretest dan posttest. skor rata-rata pada pretest 70,37 dan pada posttest 80. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar teks prosedur berbantuan teknologi layak, mudah, dan efektif untuk digunakan pada siswa kelas XI di SMK Tritech Informatika Medan. Penelitian ini berimpilkasi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yaitu bahan ajar berbantuan teknologi yang dikembangkan memberi sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru, bahan ajar berupa website ini dapat menjadi bahan ajar tambahan untuk memberikan kemudahan dalam menyampaikan materi teks prosedur yang diajarkan, memperkaya dan menambah pengetahuan siswa tentang teks prosedur dan teknologi sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan memotivasi siswa, melatih siswa belajar mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.71 2 Nov p |
Keywords: | bahan ajar, teks prosedur, berbantuan, teknologi, pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Mar 2019 08:12 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33142 |