PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) UNTUK PEMBELAJARAN TEKS RESENSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BINJAI

Fatmaira, Zira (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) UNTUK PEMBELAJARAN TEKS RESENSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 8166191021 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 8166191021 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 8166191021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 8166191021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 8166191021 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 8166191021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 8166191021 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 8166191021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 8166191021 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 8166191021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 8166191021 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 8166191021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 8166191021 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 8166191021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 8166191021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 8166191021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 8166191021 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 8166191021 BAB I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 8166191021 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 8166191021 BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 8166191021 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 8166191021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview

Abstract

Pengembangan instrumen penilaian berbasis HOTS berupa tes disusun
berdasarkan kebutuhan siswa pada kurikul 2013. Tujuan penelitin ini adalah untuk
menghasilkan instrumen penilaian berbasis HOTS yang valid, praktis dan efektif
digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan (R and D) dengan model pengembangan Brog and Gall yang telah
disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Instrumen pengumpulan data
menggunakan angket lembar validasi, tes, dan angket respon siswa.Untuk teknik
analisis data digunakan analisis validasi dari pakar, analisis kepraktisan melalui
angket praktisi (guru), analisis keefektifan melalui tes serta angkat respon siswa.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi materi yang
terdiri dari isi, penyajian dan bahasa sebesar 84.86% pada kategori sangat baik,
validasi evaluasi sebesar 92.21% pada kategori sangat baik, hasil tanggapan guru
sebesar 82% pada kategori sangat baik dan kemampuan siswa dalam memahami
soal-soal kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sebesar 40.829 pada
kategori sedang/cukup (40,829) dengan tingkat respon siswa sebesar 86% dalam
kategori sangat praktis. Hal tersebut menunjukan bahwa kemampuan berpikir
tingkat tinggi sudah terdapat dalam instrumen penilaian sehingga dapat menjadi
bahan pertimbangan dan alternatif bagi guru dalam pemilihan instrumen penilaian
pembelajaran yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi yang
mendukung proses belajar mengajar

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 410.071 2 Fat p
Keywords: Instrumen Penilaian, HOTS, Teks Resensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Mar 2019 07:53
Last Modified: 06 Mar 2019 07:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33139

Actions (login required)

View Item
View Item