Panahatan (2009) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AUDIO - VIDEO SMK SWASTA TELADAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1-061188210013_KataPengantar.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
2-061188210013_Abstrak.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3-061188210013_DaftarIsi.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
4-061188210013_Bab_I.pdf - Published Version
Download (704kB) | Preview
5-061188210013_Bab_V.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
6-061188210013_DaftarPustaka.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan modul dan trainer yang efektif untuk pembelajaran elektronika dasar program keahlian Audio-Video siswa tingkat satu di SMK Swasta Teladan Medan., (2) mengimplementasikan modul dan trainer basil pengembangan untuk pembelajaran elektronika dasar program keahlian Audio-Video siswa tingkat satu di SMK Swasta Teladan medart„(3) melihat efektifitas modul dan trainer hasil pengembangan untuk pembelajaran elektronika dasar program keahlian Audio-Video siswa tingkat satu di SMK Swasta Teladan Medan.Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development_ Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan menggunakan model Dick and Carey, pengemlbangan modul mengacu pada kriteria Finch dan Crunkilton, dan pengembangan trainer imengacu pada teori Mourdel. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, interviu,Isedangkan pengumpulan data hasil belajar menggunakan post tes. Analisis data observasi,angket dan interviu menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan analisis data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif Untuk melihat efektivitas pembelajaran dengan menggunakan modul dan trainer hasil pengembangan dilakukan dengan uji t antara data hasil belajar menggunakan modul hasil pengembangan dengan pembelajaran metoda konvensional. Subjek penelitian adalah 5 orang guru , 32 siswa kelas I AV 1 sebagai kelompok modul, dan 32 siswa kelas 1 AV2 SMK Swasta Teladan Medan sebagai kelompok metoda konvensional.Penelitian pengembangan menghasilkan modul pembelajaran yang berisikan sembilari topik bahasan dan satu unit trainer berisikan komponen elektronika, papan uji coba ,dan catu daya.Tiap topik berisikan uraian materi pelajaran, praktek melakukan pengukuran parameter komponen, latihan, dan petunjuk siswa untuk melakukannya.. Modul dilengkapi dengan petunjuk guru, penilaian latihan, dan post tes beserta kunci jawabannya. Pada pelaksanaan uji coba terbatas kepada 5 siswa tidak ditemukan kesulitan yang berarti dalam menggunakan modul maupun trainer_ Pada uji coba utama terhadap 32 siswa juga berjalan dengan balk dan lancar. Hasil analisis kuantitatif data hasil belajar kelompok modul menunjukkan hanya 2 siswa mendapat skor di bawah rata rata sedangkan 27 siswa berada antara skor rata-rata hingga di atas rata-rata, dimana skor rata-rata = 80,93, sedangkan pada kelompok metoda konvensional ada 10 orang siswa berada di bawah skor rata-rata dan 22 berada antara skor rata rata dan di atas rata-rata, dimana skor rata-rata = 75,75. Hasil t hitung diperoleh sebesar 2,80 sedangkan t tabel untuk dk 62 pada taraf signifik.ansi 95 adalah 1,665 Dengan demikian terbukti bahwa terdapat perbedaan yang signiftkan antara hasil belajar kelompok modul dengan kelompok metoda konvensional. sehingga dapat disimpullcan Modul dan trainer hasil pengembangan efektif untuk meningkatkan hasil belajar elektronika dasar siswa program Audio-Video SMK Swasta Teladan Medan atauhipotesisi yang berbunyi Modal bertrainer yang dikembangkan efektif untukmeningkatkan hash! belajar elektronika dasar siswa terbukti
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.23 Pan p |
Keywords: | Modul pembelajaran; Hasil belajar; Audio- video |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2016 19:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3305 |