Sanusi, Ridoan (2019) HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN (PKKR) KELAS XI TKR SMK RAKSANA 1 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5143122022 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM. 5143122022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
3. NIM. 5143122022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
4. NIM. 5143122022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. NIM. 5143122022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 5143122022 TABLE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM. 5143122022 PICTURE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 5143122022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. NIM. 5143122022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
13. NIM. 5143122022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM. 5143122022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hubungan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar PKKR pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Raksana 1 Medan.2) Hubungan antara kreativitas belajar dengan hasil belajar PKKR pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Raksana 1 Medan. 3) Hubungan antara fasilitas belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar PKKR pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Raksana 1 Medan. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKR di SMK Raksana 1 Medan yang terdiri dari 2 (dua) kelas yaitu kelas XI TKR 1 berjumlah 41 orang dan kelas XI TKR 2 berjumlah 35 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian ditentukan dengan metode total sampling yaitu sebanyak 76 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk variabel fasilitas belajar dan kreativitas belajar sedangkan untuk hasil belajar PKKR diambil dari dokumentasi. Jumlah instrumen fasilitas belajar dan kreativitas belajar yang diujicobakan sebanyak 30 butir. Pada angket fasilitas belajar terdapat 24 butir yang valid dengan reabilitas 0,858 tergolong sangat tinggi, untuk angket kreativitas belajar terdiri dari 25 butir yang valid dengan reabilitas 0,858 tergolong sangat tinggi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis product moment, analisis korelasi parsial dan analisis korelasi ganda pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis data menunjukan bahwa: terdapat hubungan yang positif dan berarti antara fasilitas belajar dengan hasil belajar mata diklat PKKR ( r = 0,761). Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kreativitas belajar dengan hasil belajar mata diklat PKKR ( r = 0,800).hasil analisi menunjukan bahwa koefisien determinasi antara fasilitas belajar dan kreativitas belajar dengan hasil belajar mata diklat PKKR sebesar R2y1,2 = 0,825. Ringkasan hasil analisis regresi tersebut sebagai berikut : Fh = 77,67 harga Ft = 3,12 pada taraf signifikan 5%, sehingga Fh > Ft (77,67 > 3,12), bahwa persamaan regresi Ŷ = 15,989+ 0,353 X1 + 0,501X2, dapat dipertanggung jawabkan untuk menarik kesimpulan mengenai hubungan antara fasilitas belajar dan kreativitas belajar dengan hasil belajar mata diklat PKKR
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 OTM 005 |
Keywords: | Fasilitas Belajar; Kreativitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 05 Mar 2019 10:42 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33042 |