PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGUASAAN PENATAAN SANGGUL TRADISIONAL SISWA KELAS XI SMK NEGERI 10 MEDAN

Ramadhani, Selly (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGUASAAN PENATAAN SANGGUL TRADISIONAL SISWA KELAS XI SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5141144015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5141144015 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5141144015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5141144015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5141144015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5141144015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5141144015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5141144015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5141144015 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5141144015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5141144015 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5141144015 TABLES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5141144015 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5141144015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5141144015 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5141144015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5141144015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5141144015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 5141144015 CHAPTER II.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 5141144015 CHAPTER II.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 5141144015 CHAPTER III.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 5141144015 CHAPTER III.pdf - Published Version

Download (820kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 5141144015 CHAPTER IV.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 5141144015 CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (626kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5141144015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5141144015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5141144015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5141144015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 5141144015 ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 5141144015 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:(1) memperoleh gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa dan (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran direct instruction berbantuan bahan ajar .populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 10 MEDAN dengan jumlah siswa senyak 67 siswa, yang terdiri dari dua kelas yakni kelas XI kecantikan 1 di sebut kelas eksperimen 35 siswa dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction berbantuan bahan ajar dan kelas XI kecantikan 2 disebut kelas kontrol senyak 32 siswa tanpa menggunakan model pembelajaran direct instruction berbantuan bahan ajar . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen . pengumpulan data di lakukan dengan tes yang di berikan kepada siswa. Dengan demikian akan terlihat apakah ada pengaruh model pembelajaran direct instruction berbantuan bahan ajar. Terhadap hasil belajar penguasaan penataan sanggul tradisional.Berdasarkan hasil analisis uji persyaratan data, baik data dari hasil belajar siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen).sementara berdasarkan hasil analisis data penelitian, terlihat adanya hasil perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kc 1 di mana skor rata-rata pada kelas eksperimen sebesar77.68. Sedangkan skor rata-rata kelas kc 2 adalah sebesar 69.70. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut, juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05 dimana t_hitung > t_tabel yaitu ( 33.40 > 11.01), yang berarti dalam penelitian hipotesis diterima sehingga dapat di simpulkan bahwa hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran direct instruction berbantuan bahan ajar lebih baik dari hasil belajar yang menggunakan model konvensional pada mata pelajaran penataan sanggul tradisional siswa kelas XI SMK Negeri 10 MEDAN.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 RIAS 019
Keywords: Penataan Sanggul Tradisional, Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Bahan Ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 05 Mar 2019 10:33
Last Modified: 30 Sep 2021 02:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33037

Actions (login required)

View Item
View Item