Ramadhani, Selly (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGUASAAN PENATAAN SANGGUL TRADISIONAL SISWA KELAS XI SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5141144015 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 5141144015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
3. NIM. 5141144015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM. 5141144015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM. 5141144015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 5141144015 TABLES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7. NIM. 5141144015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5141144015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 5141144015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
10. NIM. 5141144015 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 5141144015 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (820kB) | Preview
12. NIM. 5141144015 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
13. NIM. 5141144015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 5141144015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15. NIM. 5141144015 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk:(1) memperoleh gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa dan (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran direct instruction berbantuan bahan ajar .populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 10 MEDAN dengan jumlah siswa senyak 67 siswa, yang terdiri dari dua kelas yakni kelas XI kecantikan 1 di sebut kelas eksperimen 35 siswa dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction berbantuan bahan ajar dan kelas XI kecantikan 2 disebut kelas kontrol senyak 32 siswa tanpa menggunakan model pembelajaran direct instruction berbantuan bahan ajar . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen . pengumpulan data di lakukan dengan tes yang di berikan kepada siswa. Dengan demikian akan terlihat apakah ada pengaruh model pembelajaran direct instruction berbantuan bahan ajar. Terhadap hasil belajar penguasaan penataan sanggul tradisional.Berdasarkan hasil analisis uji persyaratan data, baik data dari hasil belajar siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen).sementara berdasarkan hasil analisis data penelitian, terlihat adanya hasil perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kc 1 di mana skor rata-rata pada kelas eksperimen sebesar77.68. Sedangkan skor rata-rata kelas kc 2 adalah sebesar 69.70. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut, juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05 dimana t_hitung > t_tabel yaitu ( 33.40 > 11.01), yang berarti dalam penelitian hipotesis diterima sehingga dapat di simpulkan bahwa hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran direct instruction berbantuan bahan ajar lebih baik dari hasil belajar yang menggunakan model konvensional pada mata pelajaran penataan sanggul tradisional siswa kelas XI SMK Negeri 10 MEDAN.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 RIAS 019 |
Keywords: | Penataan Sanggul Tradisional, Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Bahan Ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 05 Mar 2019 10:33 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33037 |