HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMAMPUAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN KLINIK PERSEPTOR DENGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PROFESI DI FAKULTAS KEPERAWATAN USU

Nurhidayah, Rika Endah (2009) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMAMPUAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN KLINIK PERSEPTOR DENGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PROFESI DI FAKULTAS KEPERAWATAN USU. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1-045030398 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1-045030398 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of 2-045030398 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2-045030398 Abstrak.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 3-045030398 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3-045030398 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of 4-045030398 Bab I.pdf]
Preview
Text
4-045030398 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5-045030398 Bab V.pdf]
Preview
Text
5-045030398 Bab V.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 6-045030398 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6-045030398 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara kecerdasan emosional dan kemampuan manajemen pembelajaran klinik perseptor dengan efektivitas pembelajaran pada pendidikan profesi keperawatan di Fakultas Keperawatan USU. Hipotesis yang diajukan adalah (1) terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan efektivitas pembelajaran (2) terdapat hubungan kemampuan manajemen pembelajaran klinik dengan efektivitas pembelajaran dan (3) terdapat hubungan kecerdasan emosional dan kemampuan manajemen pembelajaran klinik dengan efektivitas pembelajaran.Populasi pada penelitian ini adalah perseptor yang berasal dari pelayanan seperti Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM), Rumah Sakit Jiwa Pusat Medan (RSJP) dan dari pendidikan yaitu Fakultas Keperawatan USU sebanyak 65 orang. Sampel pada penelitian ini adalah perseptor sejumlah 34 orang yang dipilih dengan teknik stratifikasi random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang dikembangkan sendiri oleh peneliti. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis korelasi dan regresi.Hasil perhitungan korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan, (1) variabel kecerdasan emosional ry1 = 0.439, (2) kemampuan manajemen pembelajaran klinik ry2 = 0.366 dan (3) kecerdasan emosional dan kemampuan manajemen pembelajaran klinik dengan efektivitas pembelajaran ry(12) = 0.679, pada taraf kepercayaan 5%. Hasil perhitungan regresi menunjukkan kontribusi efektif untuk kecerdasan emosional 15.57% dan kontribusi efektif kemampuan manajemen pembelajaran klinik 4.58%. Sarannya mengembangkan faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap efektivitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 378.05 Nur h
Keywords: Manajemen; Pembelajaran; Klinik; Perawat; Pendidikan profesi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 09 May 2016 19:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3303

Actions (login required)

View Item
View Item