ANGGARA, GITA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142131007 COVER .pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4142131007 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM 4142131007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM 4142131007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
5. NIM 4142131007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM 4142131007 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM_4142131007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 4142131007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4142131007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
14. NIM 4142131007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL menggunakan Macromedia Flash lebih tinggi dari pada model pembelajaran Direct Instruction menggunakan Macromedia Flash pada materi hidrokarbon. Sampel penelitian adalah dua kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Kisaran yang dipilih
dengan teknik random sampling yaitu kelas eksperimen I menggunakan model PBL menggunakan Macromedia Flash, sedangkan kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran DI dengan Macromedia Flash. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah non tes berupa lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa dan instrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir
kritis siswa pada kelas eksperimen I sebesar 80,2% dan pada kelas eksperimen II sebesar 74,9% sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I
yaitu sebesar 74% dan pada kelas eksperimen II yaitu sebesar 67%. Hasil uji normalitas terhadap data kemampuan berpikir kritis di kelas eksperimen yaitu 7,35 dan 8,83 sedangkan data peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen yaitu 6,18 dan 2,96 maka χ2 hitung < χ2
tabel (11,07) yang berarti kedua kelas terdistribusi
normal. Untuk hasil uji homogenitas terhadap data kemampuan berpikir kritis di kedua kelas eksperimen yaitu 1,04 sedangkan data peningkatan hasil belajar di kedua kelas eksperimen yaitu 1,29 maka Fhit < Ftabel (1,67) yang berarti kedua kelas adalah homogen. Hasil uji hipotesis I menunjukkan thitung > ttabel (3,474 >
1,670 ), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran PBL dengan macromedia flash lebih tinggi
dibanding keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran DI dengan macromedia flash pada pokok materi hidrokarbon. Hasil uji hipotesis II menunjukkan thitung > ttabel (4,118 > 1,66691), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran model PBL dengan macromedia flash lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran yang menggunakan model DI dengan macromedia flash pada materi hidrokarbon
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 165 |
Keywords: | problem based learning; direct instruction; macromedia flash; kemampuan berpikir kritis; hasil belajar; hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 15:35 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33006 |