ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI HEWAN INVERTEBRATA DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

TAMBA, YUSNITA RENATA (2018) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI HEWAN INVERTEBRATA DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  NIM 4143341058 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4143341058 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2.  NIM 4143341058 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4143341058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 3.  NIM 4143341058 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4143341058 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 4.  NIM 4143341058 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4143341058 PREFACE.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 5.  NIM 4143341058 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4143341058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 6.  NIM 4143341058 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4143341058 TABLES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7.  NIM 4143341058 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4143341058 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8.  NIM 4143341058 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4143341058 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 9.  NIM 4143341058 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4143341058 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 13.  NIM 4143341058 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4143341058 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 14.  NIM 4143341058 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4143341058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa pada materi invertebrata yang ditinjau dari aspek kognitif, indikator pembelajaran dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 11 Medan. Sampel penelitian diambil secara Purpossive Sampling sebanyak 90 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes pilihan berganda dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) persentase tingkat kesulitan belajar siswa pada setiap aspek kognitif soal pengetahuan (C1) sebesar 47,22% termasuk dalam kategori kesulitan sedang. Pemahaman (C2) sebesar 43,89% termasuk dalam kategori kesulitan sedang. Aplikasi (C3) sebesar 60,67% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi. Analisis (C4) sebesar 65,00% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi. Evaluasi (C5) sebesar 54,44% termasuk dalam kategori kesulitan sedang, dan Kreasi (C6)
sebesar 61,67% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi. (2) Persentase kesulitan belajar setiap indikator soal pada materi sistem saraf manusia meliputi : indikator ciri-ciri umum Invertebrata 52,47% termasuk dalam kategori sedang, indikator dasar klasifikasi Invertebrata sebesar 64,07% termasuk dalam kategori tinggi, indikator contoh spesies Invertebrata sebesar 53,70% termasuk dalam
kategori sedang, indikator siklus hidup Inverebrata sebesar 55,14% termasuk dalam kategori sedang, indikator sistem metabolisme Invertebrata sebesar 35,56% termasuk dalam kategori rendah, indikator peranan Invertebrata sebesar 51,11% termasuk dalam kategori sedang. (3) Persentase pengaruh faktor internal penyebab kesulitan belajar siswa meliputi : faktor kesehatan 78,70% termasuk dalam kategori cukup menghambat ; faktor intelegensi 55,97% termasuk dalam kategori menghambat ; faktor minat 58,54% termasuk dalam kategori menghambat ; faktor
motivasi 68,06% termasuk dalam kategori cukup menghambat ; faktor psikiatik 51,57 % termasuk dalam kategori menghambat ; Persentase pengaruh faktor eksternal penyebab kesulitan belajar meliputi : faktor keluarga sebesar 63,47% termasuk dalam kategori cukup menghambat ; faktor sekolah sebesar 68,17% termasuk dalam kategori cukup menghambat ; faktor guru sebesar 81,53%
termasuk dalam kategori tidak menghambat; faktor materi sebesar 48,94% termasuk dalam kategori menghambat; faktor media sebesar 62,92% termasuk dalam kategori cukup menghambat ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI
INVERTEBRATA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018 YUSNITA RENATA TAMBA (4143341058)
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa pada materi invertebrata yang ditinjau dari aspek kognitif, indikator pembelajaran dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 11 Medan. Sampel penelitian diambil secara,Purpossive Sampling sebanyak 90 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes pilihan berganda dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) persentase tingkat kesulitan belajar siswa pada setiap aspek kognitif soal pengetahuan (C1) sebesar 47,22% termasuk dalam kategori kesulitan sedang. Pemahaman (C2) sebesar 43,89% termasuk dalam kategori kesulitan sedang. Aplikasi (C3) sebesar 60,67% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi. Analisis (C4) sebesar 65,00% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi. Evaluasi (C5) sebesar 54,44% termasuk dalam kategori kesulitan sedang, dan Kreasi (C6) sebesar 61,67% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi. (2) Persentase kesulitan belajar setiap indikator soal pada materi sistem saraf manusia meliputi : indikator ciri-ciri umum Invertebrata 52,47% termasuk dalam kategori sedang, indikator dasar klasifikasi Invertebrata sebesar 64,07% termasuk dalam kategori tinggi, indikator contoh spesies Invertebrata sebesar 53,70% termasuk dalam kategori sedang, indikator siklus hidup Inverebrata sebesar 55,14% termasuk dalam kategori sedang, indikator sistem metabolisme Invertebrata sebesar 35,56% termasuk dalam kategori rendah, indikator peranan Invertebrata sebesar 51,11% termasuk dalam kategori sedang. (3) Persentase pengaruh faktor internal penyebab kesulitan belajar siswa meliputi : faktor kesehatan 78,70% termasuk dalam kategori cukup menghambat ; faktor intelegensi 55,97% termasuk dalam kategori menghambat ; faktor minat 58,54% termasuk dalam kategori menghambat ; faktor motivasi 68,06% termasuk dalam kategori cukup menghambat ; faktor psikiatik 51,57 % termasuk dalam kategori menghambat ; Persentase pengaruh faktor eksternal penyebab kesulitan belajar meliputi : faktor keluarga sebesar 63,47% termasuk dalam kategori cukup menghambat ; faktor sekolah sebesar 68,17% termasuk dalam kategori cukup menghambat ; faktor guru sebesar 81,53% termasuk dalam kategori tidak menghambat; faktor materi sebesar 48,94% termasuk dalam kategori menghambat; faktor media sebesar 62,92% termasuk dalam kategori cukup menghambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BIO 227
Keywords: Aspek Kognitif, Indikator Pembelajaran, Kesulitan Belajar, Invertebrata, Faktor Internal, Faktor Eksternal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Mar 2019 14:14
Last Modified: 26 Mar 2019 02:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32961

Actions (login required)

View Item
View Item