Nenti, T. Frida (2009) HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN SUPERVISI MANAJERIAL DAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS SEKOLAH DENGAN KOMPETENSI GURU DALAM MERENCANAKAN PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI KABUPATEN ACEH TAMIANG. Masters thesis, UNIMED.
1-071188130064 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
2-071188130064 Abstrak.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
3-071188130064 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4-071188130064 Bab I.pdf - Published Version
Download (897kB) | Preview
5-071188130064 Bab V.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
6-071188130064 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (I) apakah ada hubungan positip yang signifikan antara supervisi manajerial oleh pengawas sekolah dengan kompetensi guru merencanakan pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Aceh Tamiang; (2) apakah ada hubungan positip yang signifikan antara supervisi akademik oleh pengawas Sekolah dengan kompetensi guru merencanakan pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Aceh Tamiang; (3) apakah ada hubungan positip yang signifikan antara supervisi manajerial dan supervisi akademik oleh pengawas sekolah secara bersama-sama dengan kompetensi Guru merencanakan pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Aceh Tamiang.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (I) adanya hubungan positip yang signifikan antara kompetensi supervisi manajerial pengawas sekolah dengan kompetensi guru merencanakan pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Aceh Tamiang; (2) adanya hubungan positip yang signifikan antara kompetensi supervisi akademik pengawas sekolah dengan kompetensi guru merencanakan pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Aceh Tamiang; (3) adanya hubungan positip yang signifikan antara kompetensi supervisi manajerial dan kompetensi supervisi akademik pengawas sekolah secara bersama-sama dengan kompetensi guru merencanakan pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Aceh Tamiang.Populasi pada penelitian adalah seluruh guru PNS yang bertugas di 37 SMP negeri yang ada di kabupaten ini. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 63 orang guru dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan kuesioner dengan skala Liken dan penilaian terhadap perangkat perencanaan pembelajaran yang dimiliki guru. Uji persyaratan dilakukan dengan menguji normalitas data dan linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi ganda dan korelasi sederhana. Pada taraf signifikansi 0,05.Kesimpulan hasil penelitian adalah pelaksanaan supervisi manajerial pengawas sekolah mempunyai hubungan yang positif dan berarti dengan kompetensi guru dalam rnerencanakan pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Aceh Tamiang pada taraf signifikansi 5 % dengan koefisien korelasi sebesar 0,304. Pelaksanaan supervisi akademik penga was sekolah mempunyai hubungan yang positif dan berarti dengan kompetensi guru dalam merencanakan pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Aceh Tamiang pada taraf signifikansi 5 % dengan koefisien korelasi sebesar 0,408. Pelaksanaan supervisi manajerial pengawas sekolah dan pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah secara bersama¬sama mempunyai hubungan yang positif dan berarti dengan kompetensi guru dalam merencanakan pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Aceh Tamiang pada taraf signifikansi 5%. Hubungan yang berarti tersebut ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,441.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 068 Nen h |
Keywords: | Pembelajaran; Supervisi; Pengawas sekolah; Manajerial; Akademik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2016 18:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3295 |