LIANITA, WINDI (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL SCIENTIFIC INQUIRY TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS XI PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 13 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143121065 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4143121065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3. NIM. 4143121065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 4143121065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM. 4143121065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM. 4143121065 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 4143121065 TABLES.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
8. NIM. 4143121065 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 4143121065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13. NIM. 4143121065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
14. NIM. 4143121065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model scientific inquiry dengan terintegrasi pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI semester I SMA Negeri 13 Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain two group pretest -postest. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan dan sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen XI MIA- 6 dan kelas kontrol XI MIA-7 yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif yang telah divalidasi dalam bentuk essay sebanyak 10 items dan lembar observasi untuk mengukur sikap ilmiah/karakter aktivitas siswa. Hasil nilai pretest yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 13,00 dan kelas control sebesar 14.17 dan nilai postest yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 79,13 dan kelas kontrol 77,17. Berdasarkan Analisis uji t dengan bantuan program SPSS menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan menggunakan model scientific inquiry dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hasil observasi nilai karakter menunjukkan peningkatan dengan rata-rata hasil karakter sebesar 72,89 yang tergolong baik. Hasil aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan sebesar 76,38 pada kelas eksperimen dibandingkan dengan aktivitas belajar kelas kontrol yaitu sebesar 67,78
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 190 |
Keywords: | model scientific inquiry, hasil belajar, karakter, aktivitas belajar, fluida statis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 13:53 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32942 |