PASARIBU, RIO HARDI (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DAN BISNIS KELAS X ADM DI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7142141039 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 7142141039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3. NIM 7142141039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4. NIM 7142141039 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
5. NIM 7142141039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
6. NIM 7142141039 TABLE.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM 7142141039 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM 7142141039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
13. NIM 7142141039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
15. NIM 7142141039 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Mobile \learning dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di
SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jalan STM No. 12 E Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 219 siswa, sedangkan sampel penelitian adalah kelas X ADM 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa dan kelas X ADM 5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa, jumlah keseluruhan adalah 72 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil
belajar berupa pilihan berganda dan angket motivasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji normalitas adalah Kolmogorov Smirnov dengan kriteria Thitung >
Ttabel pada taraf α = 0,05 dan uji homogenitas menggunakan uji F (Levene) dengan kriteria Fhitung > Ftabel pada taraf α = 0,05, sedangkan uji hipotesis menggunkan Anava Dua Jalur dengan kriteria pengujian adalah tolak H0 jika FA > Ftabel (dbA : dbD: 0,05),
dalam hal lain terima Ha dan tolak Ha jika FB < Ftabel (dbA : dbD: 0,05), dalam hal lain terima H0 pada taraf α = 0,05. Hasil analisis data diperoleh nilai rerata pre-test siswa kelas eksperimen = 34,86 dengan SD = 15,121 dan nilai rerata pre-test kelas kontrol = 30,27 dengan SD
= 16,114, sedangkan nilai rerata post-test setelah diterapkan model pembelajaran mobile leraning learning dan konvensional = 77,08 dengan SD = 12,692. Dari hasil
analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Thitung = 0,069 > Ttabel = 0,05) dan homogen (Fhitung = 0,072 > Ftabel = 0,05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa : 1). Rerata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Mobile learning = 81,26 dan konvensional = 73,05 dengan nilai sig. 0,000; 2). Rerata hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar tinggi = 86,80 dan minat belajar rendah = 67,51 dengan nilai sig. 0,000; 3). Rerata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan mobile learning yaitu kelompok minat belajar tinggi = 88,88 dan kelompok minat belajar rendah = 73,64 lebih besar dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan konvensional yaitu kelompok minat belajar tinggi 84,73 dan kelompok minat belajar rendah = 61,38 dengan nilai sig. 0,028, dalam hal ini ketiga hipotesis tersebut
menolak H0 dan menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif
dan signifikan antara model pembelajaran mobile learning berbasis android dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi dan bisnis siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 7 Medan, Tahun Pembelajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 NIAGA 013 |
Keywords: | Mobile Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar Ekonomi Dan Bisnis |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 16:36 |
Last Modified: | 04 Mar 2019 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32923 |