MARPAUNG, SANTA DELIMA P (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X IPS SMA SWASTA MARISI MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143141084 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM 7143141084 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
3. NIM 7143141084 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM 7143141084 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM 7143141084 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM 7143141084 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 7143141084 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7143141084 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7143141084 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (659kB) | Preview
13. NIM 7143141084 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
14. NIM 7143141084 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Swasta Marisi Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Contextual
Teaching And Learning (CTL) lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional dikelas X IPS SMA Swasta Marisi Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Marisi Medan yang terletak di Jl. Guru Sinumba No.2 Helvetia Timur pada semester I (Ganjil) Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Swasta Marisi Medan. Karena jumlah subjeknya kurang dari 100, maka jenis penelitian ini adalah penelitian populasi, yang dimana penulis mengambil seluruh populasi yang ada, yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2
sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 57,08 dan 83,96. Sedangkan nilai rata-rata pre-test dan posttest kelas kontrol adalah 50 dan 74,44. Dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa
= 4,14 > 1,6845 dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi siswa, pada materi pembelajaran alat pembayaran tunai (uang) yang diajar dengan model
pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional dikelas X IPS SMA Swasta
Marisi Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 EKO 015 |
Keywords: | Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 16:06 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32902 |