SIBARANI, FIRI KHAIRINA DEWI (2019) UPAYA MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR GERAK DASAR PUKULAN DALAM BELA DIRI PENCAK SILAT MELALUI PENDEKATAN SINTIFIK PADA SISWA KELAS VII SMP IT ALMANAR MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6143111033 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 6143111033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
3. NIM. 6143111033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM. 6143111033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 6143111033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 6143111033 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 6143111033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 6143111033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
13. NIM. 6143111033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14. NIM. 6143111033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar gerak dasar pukulan dalam bela diri pencak silat melalui Pendekatan Saintifik pada siswa kelas VII SMP IT Almanar Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus berisikan tindakan berupa pelaksanaan pembelajaran untuk mengetahui perbaikan hasil belajar gerak dasar pukulan dalam bela diri pencak silat melalui pendekatan saintifik yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT Almanar Medan yang berjumlah 25 orang yaitu 21 Perempuan 4 Laki-laki, objek dalam penelitian ini yaitu penggunaan pendekatan saintifik. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar diakhir setiap siklus yang berbentuk lembar observasi dan tes hasil belajar pukulan depan. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan, analisis data dilakukan dengan paparan data.
Hasil penelitian dari data awal diperoleh 16 orang siswa (64%) yang belum mencapai ketuntasan, sedangkan 9 orang siswa (36 %) yang mencapai tingkat ketuntasan, dengan nilai rata-rata 62,96 dan setelah pemberian tindakan diperoleh hasil belajar siklus I yaitu 14 orang siswa yang mencapai tingkat ketuntasan (44%), sedangkan 11 orang belum mencapai tingkat ketuntasan (56%), dengan nilai rata-rata 74,72 dan belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang diharapkan dan dari hasil tes belajar siklus II diperoleh data sebanyak 22 orang siswa ( 88%) telah mencapai ketuntasan dalam dan 3 orang siswa (12 %) masih belum tuntas, dengan nilai rata-rata 81,83. Jika dilihat dari nilai rata-rata pada data awal sebesar 62,96 dan setelah diperbaiki melalui pendekatan saintifik terdapat perbaikan pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 74,72 namun belum mencapai ketuntasan klasikal. Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 81,83 dari hasil tersebut perbaikan hasil belajar siswa sebesar 88% dan telah mencapai nilai ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa melalui Pendekatan Saintifik dapat memperbaiki hasil belajar gerak dasar pukulan dalam bela diri pencak silat pada siswa kelas VII SMP IT Almanar Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PJKR 030 |
Keywords: | Hasil Belajar, Pukulan Pencak Silat, Pendekatan Saintifik |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3566 Public health L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 15:18 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32885 |