SAMOSIR, ELI E (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGELASAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK SW RIS MADUMA SUMBUL T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5132121014 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 5132121014 APPROVAIL SHEET.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. NIM. 5132121014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM. 5132121014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. NIM. 5132121014 TABLE OF CONTET.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 5132121014 TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 5132121014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 5132121014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 5132121014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
13. NIM. 5132121014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM. 5132121014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pengelasan Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Sw Ris Maduma Sumbul Tahun Ajaran 2018/2019. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran tipe Student Team Achievement Division (STAD), diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengelasan kelas X Teknik Kendaraan Ringan. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model STAD yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melelui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan, tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Sw Ris Maduma Sumbul terdiri dari 30 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pilihan berganda. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatakan hasil belajar Pengelasan. Hal tersebut dapat dilihat dari ketuntasan Tes awal adalah 20% dengan rata-rata nilai 64,38. Pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri maka didapat ketuntasan pada hasil belajar 73,33% dengan rata-rata nilai 73. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa baik dari ketuntasan maupun nilai rata-rata. Pada tindakan siklus II dengan menerapkan model pembelajaranSTAD bahwa perolehan nilai semakin meningkat yaitu 86,66% ketuntasan dan nilai rata-rata 80. Dapat disimpulkan bahwa dengan
penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar pengelasan siswa kelas X TKR SMK Sw Ris Maduma Sumbul Tahun Ajaran
2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MSN 005 |
Keywords: | Model pembelajaran tipe student team achievement division (stad), hasil belajar pengelasa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 15:05 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32878 |