UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGELASAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK SW RIS MADUMA SUMBUL T.A 2018/2019

SAMOSIR, ELI E (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGELASAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK SW RIS MADUMA SUMBUL T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5132121014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5132121014 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5132121014 APPROVAIL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5132121014 APPROVAIL SHEET.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5132121014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5132121014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5132121014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5132121014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5132121014 TABLE OF CONTET.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5132121014 TABLE OF CONTET.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5132121014 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5132121014 TABLE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5132121014 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5132121014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5132121014 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5132121014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5132121014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5132121014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 5132121014 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5132121014 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[thumbnail of 11. NIM. 5132121014 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5132121014 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5132121014 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5132121014 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM. 5132121014 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5132121014 CHAPTER V.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5132121014 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5132121014 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5132121014 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5132121014 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pengelasan Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Sw Ris Maduma Sumbul Tahun Ajaran 2018/2019. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran tipe Student Team Achievement Division (STAD), diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengelasan kelas X Teknik Kendaraan Ringan. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model STAD yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melelui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan, tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Sw Ris Maduma Sumbul terdiri dari 30 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pilihan berganda. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatakan hasil belajar Pengelasan. Hal tersebut dapat dilihat dari ketuntasan Tes awal adalah 20% dengan rata-rata nilai 64,38. Pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri maka didapat ketuntasan pada hasil belajar 73,33% dengan rata-rata nilai 73. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa baik dari ketuntasan maupun nilai rata-rata. Pada tindakan siklus II dengan menerapkan model pembelajaranSTAD bahwa perolehan nilai semakin meningkat yaitu 86,66% ketuntasan dan nilai rata-rata 80. Dapat disimpulkan bahwa dengan
penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar pengelasan siswa kelas X TKR SMK Sw Ris Maduma Sumbul Tahun Ajaran
2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 MSN 005
Keywords: Model pembelajaran tipe student team achievement division (stad), hasil belajar pengelasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Mar 2019 15:05
Last Modified: 11 Sep 2025 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32878

Actions (login required)

View Item
View Item