SARINAH (2018) ANALISIS HASIL MENGGAMBAR RAGAM HIAS MELAYU DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP SENI RUPA KARYA SISWA KELAS VII SMP KARTIKA I-1 MEDAN PETISAH T.A.2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2142151011 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. NIM 2142151011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (775kB) | Preview
3. NIM 2142151011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 2142151011 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 2142151011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 2142151011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. NIM 2142151011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 2142151011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
12. NIM 2142151011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM 2142151011 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa SMP Kartika I-1 Medan Petisah, dalam menerapkan prinsip-prinsip keseimbangan, kesatuan, irama, harmoni dan repetisi pada karya hasil menggambar Ragam Hias Melayu siswa kelas VII SMP Kartika I-1 Medan Petisah T.A.2018/2019. Objek yang digambar adalah Ragam Hias Melayu. Adapun Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh hasil karya gambar Ragam Hias Melayu siswa kelas VII SMP Kartika I-1 Medan Petisah yang berjumlah 14 karya. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling yaitu keseluruhan populasi dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam prinsip keseimbangan yaitu karya siswa masih belum sepenuhnya menerapkan prinsip keseimbangan dalam menggambar ragam hias, sebagian karya siswa masih terlihat berat sebelah. Prinsip kesatuan dalam karya siswa masih belum rapi dalam menata kesatuan dengan bidang kertas. Prinsip irama dalam karya siswa masih kurang menerapkan prinsip irama dalam menggambar ragam hias, sehingga tidak muncul irama warna dan bentuk. Prinsip harmoni dalam karya siswa menerapkan prinsip harmoni belum sepenuhnya muncul keselarasan antara bentuk yang satu dengan bentuk lainnya. Prinsip repetisi yaitu kesamaan dalam pengulangan bentuk Ragam Hias cukup terlihat, hanya kurang kerapian. Secara keseluruhan karya yang dihasilkan ditinjau dari prinsip-prinsip seni rupa yaitu keseimbangan, kesatuan, irama, harmoni dan repetisi memiliki kualitas yang cukup dengan nilai rata-rata = 71,6. Nilai tertinggi diperoleh pada prinsip repetisi yaitu 72,4 dengan kategori cukup, nilai terendah diperoleh pada prinsip irama yaitu 67 dengan kategori kurang. Secara umum, nilai rata-rata yang berdasarkan kelima prinsip-prinsip seni rupa sebagai berikut: prinsip keseimbangan = 72,2, prinsip kesatuan = 72,2, prinsip irama = 67 , prinsip harmoni = 70,4 dan prinsip repetisi = 72,4.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 RUPA 002 |
Keywords: | Menggambar, Ragam Hias, Prinsip Seni Rupa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 14:58 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32874 |