ANALISIS ASPEK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU TEKS SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP

SITUNGKIR, LENI TUNGKI RANDA (2018) ANALISIS ASPEK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU TEKS SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 2143111035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2143111035 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2143111035 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2143111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2143111035 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2143111035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2143111035 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2143111035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2143111035 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2143111035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2143111035 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2143111035 TABLES.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2143111035 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2143111035 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2143111035 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2143111035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (625kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2143111035 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2143111035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2143111035 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2143111035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keberagaman sosial budaya. Namun, keberagaman tersebut seringkali menimbulkan masalah yang sangat hebat, seperti terjadinya konflik antarsuku, golongan, dan agama, serta tawuran antarpelajar dan mahasiswa yang sampai menimbulkan pertumpahan darah dan korban jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan multikultural pada buku teks siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis konten sebagai analisis isi
dengan tujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan multikultural yang termuat dalam isi dari buku teks siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks atau dokumen yang berupa buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa SMP kelas
VII yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Instrumen penelitian adalah kartu data yang dipergunakan untuk menganalisis semua komponen yang mengandung nilai-nilai pendidikan multikultural dalam buku teks. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam
penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa di dalam buku teks siswa Bahasa Indonesia kelas VII SMP terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud terdapat 42 bagian buku teks yang memuat nilai-nilai inti pendidikan multikultural dengan nilai yang dominan adalah pengakuan terhadap adanya kenyataan pluralitas budaya dalam masyarakat dengan jumlah 24 bagian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 IND 023
Keywords: Pendidikan, Multikultural, Buku Teks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Mar 2019 14:19
Last Modified: 29 Mar 2019 08:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32852

Actions (login required)

View Item
View Item