SITUNGKIR, LENI TUNGKI RANDA (2018) ANALISIS ASPEK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU TEKS SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2143111035 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 2143111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 2143111035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 2143111035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
5. NIM. 2143111035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. NIM. 2143111035 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 2143111035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8. NIM. 2143111035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
12. NIM. 2143111035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
13. NIM. 2143111035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keberagaman sosial budaya. Namun, keberagaman tersebut seringkali menimbulkan masalah yang sangat hebat, seperti terjadinya konflik antarsuku, golongan, dan agama, serta tawuran antarpelajar dan mahasiswa yang sampai menimbulkan pertumpahan darah dan korban jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan multikultural pada buku teks siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis konten sebagai analisis isi
dengan tujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan multikultural yang termuat dalam isi dari buku teks siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks atau dokumen yang berupa buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa SMP kelas
VII yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Instrumen penelitian adalah kartu data yang dipergunakan untuk menganalisis semua komponen yang mengandung nilai-nilai pendidikan multikultural dalam buku teks. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam
penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa di dalam buku teks siswa Bahasa Indonesia kelas VII SMP terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud terdapat 42 bagian buku teks yang memuat nilai-nilai inti pendidikan multikultural dengan nilai yang dominan adalah pengakuan terhadap adanya kenyataan pluralitas budaya dalam masyarakat dengan jumlah 24 bagian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 023 |
Keywords: | Pendidikan, Multikultural, Buku Teks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 14:19 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32852 |