RIZKI, MUHAMMAD (2019) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI BINAAN PROVSU TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5131111016 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 5131111016 APPROVAIL SHEET.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
3. NIM. 5131111016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 5131111016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 5131111016 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 5131111016 TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 5131111016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 5131111016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM. 5131111016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM. 5131111016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 5131111016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar menggambar teknik pada siswa teknik gambar bangunan SMK Negeri Binaan Provsu.T.A 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus yang mana masing-masing siklus terdiri atas 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi.Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri Binaan Provsu, sebanyak satu kelas yang terdiri dari 26 siswa, Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar pengamatan. Sebelum tes hasil belajar diberikan terlebih dahulu tes hasil belajar diuji coba, validitas tes, reliabilitas tes, tingkat kesukaran tes, dan daya pembeda tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat 11,15% dari rerata 72,98 (siklus I) menjadi rerata 84,13 (siklus II). Dan hasil belajar siswa meningkat 7,87% dari rerata 76,01 (Siklus I) menjadi rerata 83,88 (Siklus II). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajan quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menggambar teknik. Peneliti menyarankan beberapa hal, yaitu 1) diharapkan guru lebih memahami model pembelajaran quantum teaching, 2) peneliti selanjutnya sedapat mungkin mengelola alokasi waktu dan fasilitas pendukung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 005 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Quantum Teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 09:29 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32772 |