Simanullang, Taruli (2009) HUBUNGAN PENGAWASAN INTERNAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA SEKOLAH DI SMP NEGERI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1-081188130014 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
2-081188130014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
3-081188130014 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
4-081188130014 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5-081188130014 Bab V.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
6-081188130014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dalam upaya mengungkap permasalahan yakni (1) Seberapa besar hubungan pengawasan internal kepala sekolah terhadap kinerja sekolah? (2) Seberapa besar hubungan kecerdasan emosional kepala sekolah dengan kinerja sekolah? (3) Seberapa besar hubungan pengawasan internal dan kecerdasan emosional kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja sekolah?Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengawasan internal dan kecerdasan emosional kepala sekolah di SMP Negeri Kota Medan. Jumlah populasi sebanyak 2121 orang dan sampel penelitian sebanyak 74 orang yang diambil secara stratifikasi random sampling. Jenis instrument yang digunakan adalah angket. Untuk menguji tingkat kesahihan istrunien terlebih dahulu dilakukan ujicoba, dengan jumlah responden 20 orang, dan semuanya valid dan tingkat validitasnya tinggi.Dalam analisis data, dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yang meliputi analisis korelasi dan regresi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pengawasan internal dan kecerdasan emosional kepala sekolah serta kinerja sekolah tergolong kedalam kategori cukup. Terdapat hubungan positif yang signifikan pengawasan internal kepala sekolah dengan kinerja sekolah dengan nilai koefisien korelasinya 0.60. Terdapat hubungan positif yang signifikan kecerdasan emosional kepala sekolah dengan kinerja sekolah dengan nilai koefisien korelasinya 0.57. Terdapat hubungan positif yang signifikan pengawasan internal dan kecerdasan emosional kepala sekolah secara bersama¬sama dengan kinerja sekolah di SMP Negeri Kota Medan, dengan nilai koefisien korelasinya 0.75 pada taraf signifikansi α = 0.05. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa untuk meningkatkan kinerja sekolah perlu dilakukan intensitas pengawasan internal kepala sekolah yang tinggi dan didukung kecerdasan emosional kepala sekolah yang tinggi pula. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi selurub steakholder bidang pendidikan, khususnya bagi kepala sekolah, guru maupun Dinas Pendidikan Kota Medan selaku instansi pemerintah daerah Kota Medan yang membidangi urusan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 068 Sim h |
Keywords: | Pengawasan internal; Kecerdasan emosional; Kepala sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 19:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3277 |