ADIYANSYA, JUNIUS (2018) PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PROSES BIOLOGI SISWA PADA MATERI SEL DI KELAS XI MIA SMA N 19 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143341019 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 4143341019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
3. NIM 4143341019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM 4143341019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM 4143341019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 4143341019 Tables.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 4143341019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4143341019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
9. NIM 4143341019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
13. NIM 4143341019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM 4143341019 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar pengetahuan proses biologi siswa pada materi sel tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan media animasi (bergerak dan bersuara) dan siswa kelas XI MIA 2 yang diberi perlakuan media grafis. Perolehan nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 81 untuk hasil belajar, kelas kontrol sebesar 70,25 untuk hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan untuk uji normalitas adalah uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji F, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel(0,01) (5,4 > 2,39) untuk hasil belajar pada taraf signifikasi 1%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan menggunakan media animasi terhadap hasil belajar pengetahuan proses biologi siswa pada konsep materi sel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 055 |
Keywords: | Media pembelajaran, media animasi, pengetahuan prosesbiologi, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 09:17 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32763 |