PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 2 BINJAI T.P 2018/2019

BERUTU, LASRIANI (2019) PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 2 BINJAI T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4143321025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4143321025 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4143321025 APPRIVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4143321025 APPRIVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4143321025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4143321025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4143321025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4143321025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4143321025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4143321025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4143321025 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4143321025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4143321025 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4143321025 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4143321025 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4143321025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4143321025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4143321025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4143321025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4143321025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4143321025 BIBLIOGHAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4143321025 BIBLIOGHAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan model inquiry pada materi suhu dan kalor di kelas XI semester ganjil SMK Negeri 2 Binjai T.P. 2018/2019. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain two group pretest -postest. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMK Negeri 2 Binjai dan sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen XI TP I dan kelas kontrol XI TKJ 1 yang masing-masing berjumlah 31 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains yang telah divalidasi dalam bentuk essay sebanyak 10 items dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas keterampilan proses sains siswa. Dari data pretest, hasil uji t menunjukkan bahwa kedua kelas mempunyai kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelasm hasil dari nilai postest yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 72 dan nilai rata-rata kelas kontrol 62,19. Melalui pengujian statistik dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan model pembelajaran inquiry pada materi pokok suhu dan kalor di SMK Negeri 2 Binjai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 066
Keywords: Model Berbasis Inquiry, Keterampilan Proses Sains, Aktivitas Siswa, Suhu Dan Kalor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 15:38
Last Modified: 16 Apr 2019 04:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32738

Actions (login required)

View Item
View Item