BERUTU, LASRIANI (2019) PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 2 BINJAI T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143321025 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4143321025 APPRIVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
3. NIM 4143321025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 4143321025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4143321025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 4143321025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7. NIM. 4143321025 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4143321025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 4143321025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
13. NIM. 4143321025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 4143321025 BIBLIOGHAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan model inquiry pada materi suhu dan kalor di kelas XI semester ganjil SMK Negeri 2 Binjai T.P. 2018/2019. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain two group pretest -postest. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMK Negeri 2 Binjai dan sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen XI TP I dan kelas kontrol XI TKJ 1 yang masing-masing berjumlah 31 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains yang telah divalidasi dalam bentuk essay sebanyak 10 items dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas keterampilan proses sains siswa. Dari data pretest, hasil uji t menunjukkan bahwa kedua kelas mempunyai kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelasm hasil dari nilai postest yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 72 dan nilai rata-rata kelas kontrol 62,19. Melalui pengujian statistik dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan model pembelajaran inquiry pada materi pokok suhu dan kalor di SMK Negeri 2 Binjai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 066 |
Keywords: | Model Berbasis Inquiry, Keterampilan Proses Sains, Aktivitas Siswa, Suhu Dan Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 15:38 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32738 |