PAKPAHAN, MARIATI BR (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN WAJAH SECARA MANUAL SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133144020 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM. 5133144020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
3. NIM. 5133144020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 5133144020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 5133144020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 5133144020 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 5133144020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5133144020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 5133144020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. NIM. 5133144020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. NIM. 5133144020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Mata Pelajaran Perawatan Wajah Secara Manual Siswa Kelas X Tata Kecantikan Kulit agar layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian Reserch and Development (R & D). Langkah-langkah dalam mengembangkan media pembelajaran ini yaitu sebagai berikut : (1) Tahap analisis; (2) Tahap perancangan; (3) Tahap pengembangan; (4) Tahap validasi dan uji coba; (5) Tahap akhir produk media. Setelah menghasilkan produk berupa media pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), kemudian diuji kelayakannya dengan melakukan validasi dengan dosen ahli materi dan dosen ahli media. Komentar dan saran dari hasil validasi digunakan untuk merevisi produk. Setelah media dinyatakan layak, kemudian dilakukan penilaian oleh guru mata pelajaran dan uji coba media pada siswa kelas X Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 1 Beringin yang berjumlah 30 siswa, dan dilanjutkan dengan uji efektifitas oleh guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Ahli materi pelajaran Perawatan Wajah Secara Manual pada kriteria Sangat Baik (91,5%); (2) Ahli media pembelajaran pada kriteria sangat baik (93,5%); (3) Uji coba kelompok kecil pada kriteria cukup baik (67,6%); (4) Uji coba kelompok sedang pada kriteria baik (78,1%); (5) Uji coba kelompok besar pada kriteria sangat baik (88,8%); (6) Uji efektifitas siswa pada kriteria sangat baik (88,4%); (7) Uji efektifitas guru pada kriteria sangat baik (92%); ini membuktikan tingkat keefektifan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan sangat baik dan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 RIAS 010 |
Keywords: | Media Pembelajaran Lemabar Kerja Peserta Didik (LKPD),Perawatan Wajah Secara Manual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 15:25 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32730 |