PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS KEGIATAN LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SMAS BUDISATRYA MEDAN T/P. 2018/2019.

LUBIS, SHASZA ADDARABY (2019) PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS KEGIATAN LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SMAS BUDISATRYA MEDAN T/P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4141121067 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4141121067 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4141121067 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4141121067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4141121067 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4141121067 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4141121067 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4141121067 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4141121067 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4141121067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4141121067 LIST OF FIGURE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4141121067 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4141121067 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4141121067 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model guided discovery learning berbasis kegiatan laboratorium serta mengetahui aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah
quasi experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara sampel jenuh. Kedua kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas eksperimen XI MIA2 dan kelas kontrol XI MIA1 yang berjumlah masing-masing 30 siswa. Data hasil belajar
dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan tes pilihan berganda berjumlah 12 soal yang telah divalidkan. Data aktivitas dan sikap siswa diperoleh menggunakan lembar observasi dengan dua orang sebagai pengamat. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 34,7dan 39,4, kemudian dilakukan uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data diperoleh Lhitung < Ltabel (0,141 < 0,161) untuk kelas eksperimen dan 0,134 < 0,161 untuk kelas kontrol sehingga disimpulkan data pretest dari kedua kelas berdistribusi normal. Fhitung < Ftabel (1,35 < 1,85) maka sampel yang digunakan dalam penelitian dinyatakan homogen, setelah diberi perlakuan hasil postes kelas eksperimen adalah 77,7 dan kelas kontrol 68,6. Rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 70,8 tergolong aktif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 3,37
dan ttabel = 1,67 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat penerapan model pembelajaran Guided Discovery Learning berbasis kegiatan laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI semester I SMAS Budisatrya Medan T.P. 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 065
Keywords: Quasi experiment ; Guided Discovery Learning ; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 15:14
Last Modified: 12 Mar 2020 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32723

Actions (login required)

View Item
View Item