YOLANDA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 21 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143342041 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 7143342041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
3. NIM 7143342041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM 7143342041 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM 7143342041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM 7143342041 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 7143342041 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7143342041 LIST OF ATTACMENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM 7143342041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
12. NIM 7143342041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
13. NIM 7143342041 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Metode Pembelajaran Konvensional pada siswa Kelas XII IPS Di SMA Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 21 Medan T.P 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII IPS SMA Negeri 21 Medan yang berjumlah 151 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XII IPS 1 yang berjumlah 32 orang siswa pada kelas eksperimen dan kelas XII IPS 2 yang berjumlah 32 orang pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pirposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas untuk mengetahui apakah sampel itu berdistribusi normal atau tidak, uji homogenitas untuk mencari apakah sampel berasal dari varians yang sama atau tidak, uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,41 dengan standar deviasi sebesar 6,25. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 76,41 dengan standar deviasi 6,50. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji t dengan dk = n1 + n2 - 2 pada α = 0,05. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,135 dan ttabel = 1,999. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung> ttabel (3,135 > 1,999) dengan kata lain hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving terhadap hasil belajar akuntansi pada materi Persaman Dasar Akuntansi siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 21 Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 015 |
Keywords: | Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving, Hasil Belajar Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 15:00 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32714 |