JUANTIKA, DEWI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON KELAS X SMA NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4141121008 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. 4141121008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
3. 4141121008 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. 4141121008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
5. 4141121008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. 4141121008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. 4141121008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. 4141121008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
13. 4141121008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. 4141121008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan two group pretest-posttest design.. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X Mia1 dan kelas XMia3, dimana kelas X Mia1 diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas X Mia3 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar berupa tes essai serta instrumen nontes yang berupa observasi aktivitas belajar siswa. Data rata-rata pretes kelas eksperimen dan kontrol adalah 36,52 dan 34,19. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Setelah diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan dengan pembelajaran konvensional diperoleh data postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 76,52 dan 62,06. Pada pengujian data postes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen serta ada pengaruh signifikan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa. Selama proses pembelajaran nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 68,37 dengan kategori aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 064 |
Keywords: | Inquiry Training, Quasi Eksperimen, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 14:47 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32707 |