HARAHAP, MIFTAHUL HASANAH (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI VIRUS DI KELAS X MIA SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141043 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM. 4141141043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. NIM 4141141043 ABSCTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM 4141141043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 4141141043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 4141141043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4141141043 TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 4141141043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 4141141043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
13. NIM 4141141043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 4141141043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan materi virus berdasarkan hasil penilaian ahli materi; ahli pembelajaran; penilaian guru bidang studi serta Tanggapan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) mengikuti model Thiagarajan (4-D). Penelitian ini dilaksanakan April-Oktober 2018 di SMA Swasta Budi Agung. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas X MIA JJ THOMSON di SMA Swasta Budi Agung Medan, objek penelitian ini berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik, yang telah dikembangkan, divalidasi oleh ahli materi, tim ahli pembelajaran, satu orang guru, dan uji coba. Uji coba dilakukan sebanyak 4 kali, yaitu uji coba perorangan sebanyak 3 orang, uji coba kelompok kecil sebanyak 9 orang, uji coba kelompok besar sebanyak 21 orang dan uji coba lapangan terbatas 38 orang. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase penilaian tim ahli materi 89% (sangat layak); tim ahli pembelajaran 83,% (sangat layak); guru bidang studi biologi 78% (layak); dan persentase tanggapan peserta didik pada uji coba di kelas X MIA JJ THOMSON pada uji coba perorangan 91% (layak), uji coba kelompok kecil 83,2% (layak), dan uji coba kelompok besar 87 % (layak). Uji keefektifan produk yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan nilai N-gain 0,71 dengan interpretasi “Tinggi”. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD pada materi virus dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 046 |
Keywords: | Pengembangan, Lkpd, Guided Inquiry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 14:23 |
Last Modified: | 14 May 2019 06:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32691 |