HARTATI, PUJI (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143341038 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4143341038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM. 4143341038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
4. NIM. 4143341038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
5. NIM. 4143341038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 4143341038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 4143341038 TABLES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 4143341038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4143341038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
13. NIM. 4143341038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
14. NIM. 4143341038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar biologi dan keterampilan proses sains dasar siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Negeru 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dimana populasinyaadalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Prcut Sei Tuan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 60 orang. Pengambilan sampel secara acak (random sampling) dimana masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 25 dan essay yang berjumlah 10 yang digunakan sebagai pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar yang didapatkan untuk kelas pembelajaran berbasis masalah sebesar 79,6 lebih tinggi dibanding dengan kelas pembelajaran konvensional sebesar 42,8. Rata-rata keterampilan proses sains dasar siswa didapatkan untuk kelas pembelajaran berbasis masalah sebesar 80,37 lebih tinggi dibanding dengan kelas pembelajaran konvensional sebesar 79,9. Uji persyarat analisis data menunjukkan bahwa data hasil belajar dan keterampilan proses sains dasar siswa berdistribusi normal dan kedua kelas sampel memiliki kesamaan varians (homogen). Pengujian hipotesis dan hasil belajar yang dilakukan dengan uji statistik t student menghasilkan thitung = 4,87 dan ttabel dengan dk =2,44 dan taraf signifikan< 0,05. Berdasarkan kriteria H0 diterima jika – t1 – ½ α < t < t1 – ½ α, maka penelitian ini menolak H0 dan menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran terhadap hasil belajar biologi dan keterampilan proses sains dasar siswa pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Dalam hal ini hasil belajar dan keterampilan proses sains dasar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah sangat signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar dan keterampilan proses sains dasar siswa yang dibelajarkan dengan konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 035 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Konvensional, Hasil Belajar Siswa, Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 11:56 |
Last Modified: | 24 Apr 2019 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32664 |