NURJANAH (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ PADA PEMBELAJARAN MATERI KLASIFIKASI DI KELAS VII SMP NEGERI 1 LIMA PULUH T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141141054 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4141141054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
3. NIM 4141141054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4. NIM 4141141054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM 4141141054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
6. NIM 4141141054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM 4141141054 TABLES.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
8. NIM 4141141054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
9. NIM 4141141054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13. NIM 4141141054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4141141054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPA-Biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz di kelas VII SMP Negeri 1 Lima Puluh T.P 2018/2019. Deskripsi dilakukan terhadap: 1) Kualitas pelaksanaan pembelajaran IPA-Biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz; 2) Aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz; 3) Hasil belajar siswa kelas VII SMP setelah mendapatkan pembelajaran IPA-Biologi model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz. Penelitian menggunakan desain penelitian deskriptif. Seluruh rangkaian proses penelitian dilakukan mengacu pada standart lulusan, standart proses, dan standart penilaian yang diberlakukan pada kurikulum 2013. Pada tahap implementasi pembelajaran dilakukan: 1) Pengukuran pelaksanaan pembelajaran; 2) Aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz; 3) Pengukuran hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif, dalam bentuk rata-rata, simpangan baku, distribusi frekuensi, dan deskripsi rekaman pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh: 1) Kualitas pelaksanaan pembelajaran IPA-Biologi materi ajar klasifikasi di kelas VII SMP Negeri 1 Lima Puluh menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz menunjukkan kualitas baik (90,7); 2) Aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lima Puluh selama proses pembelajaran kategori baik (87,5); 3) Sebaran ketuntasan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lima Puluh setelah mendapat pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz adalah 84,4% siswa tuntas dan 15,6% belum tuntas. Ketuntasan belajar pada model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz lebih tinggi dibanding pretest.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 028 |
Keywords: | hasil belajar,aktivitas belajar siswa, model pembelajaran kooperatif tipe team quiz, pembelajaran ipa biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 11:15 |
Last Modified: | 13 May 2019 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32649 |