FADZILLAH.S, DAYANG (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS XI MIA MAN 1 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142141021 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 4142141021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
3. NIM 4142141021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
4. NIM 4142141021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
5. NIM 4142141021 TABLE OF CONTENCE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
6. NIM 4142141021 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM 4142141021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8. NIM 4142141021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM 4142141021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
13. NIM 4142141021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
14. NIM 4142141021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis praktikum terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest posttest control design. Pengampilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 48 siswa untuk kelas eksperimen, dan 45 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan isntrumen tes hasil belajar berupa soal essay dan lembar observasi berupa penilaian keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan diperoleh hasil thitung sebesar 2,0002 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,6621, maka dapat dikatakan bahwa thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis praktikum terhadap keterampian proses sains siswa pada materi sistem peredaran darah manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 027 |
Keywords: | Hasil belajar, keterampilan proses sains, pembelajaran berbasis praktikum, sistem peredaran darah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 11:10 |
Last Modified: | 13 May 2019 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32648 |