HUTAPEA, REKA (2018) PENGARUH MODDEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143341059 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 7143341059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 7143341059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
4. NIM. 7143341059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 7143341059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 7143341059 TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7143341059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7143341059 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7143341059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
13. NIM. 7143341059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 7143341059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi dikarenakan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan yang beralamat di Jalan Pertiwi No.93, Bantan, Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri Medan dengan jumlah 106 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Kelas XI IPS 1 dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa diajar dengan metode pembelajaran Konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis yang diajukan sebagai acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil analisis yang diperoleh nilai rata – rata pretest kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share sebesar 50,78 dengan SD = 12,32 dan nilai rata – rata postest sebesar 82,96 dengan SD = 7,49. Sedangkan nilai rata – rata pretest kelas kontrol sebesar 48,43 dengan SD = 13,87 dan nilai rata – rata postest sebesar 77,65 dengan SD = 8,88. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,38 sedangkan ttabel sebesar 1,67. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu 2,38 > 1,67 yang berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional pada materi pelajaran ketenagakerjaan di SMA Negeri 11 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 EKO 004 |
Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 10:35 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32628 |