TOBING, SARAH WINDA AYU (2018) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143311040 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 4143311040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
3. NIM. 4143311040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4. NIM. 4143311040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
5. NIM. 4143311040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
6. NIM. 4143311040 TABLES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM. 4143311040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM. 4143311040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM. 4143311040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (908kB) | Preview
13. NIM. 4143311040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
14. NIM. 4143311040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang merupakan salah satu kemampuan esensial yang harus dikuasai siswa dalam mempelajari matematika dan kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru di dalam kelas. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan pokok tentang bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkannya model
pembelajaran Penemuan Terbimbing di kelas IX-3 SMP Negeri 17 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di dalam kelas. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-3 SMP Negeri 17 Medan yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Penemuan Terbimbing di kelas IX-3 SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, di mana pada akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemahaman konsep matematis untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, diperoleh bahwa dari 30 siswa terdapat 17 siswa (56,67%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 13 siswa lainnya (43,33%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas sebesar 63,3. Pada siklus II terdapat 25 siswa (83,33%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 5 siswa (16,67%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 83,03. Tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis yang diperoleh pada siklus II
telah mencapai kategori tinggi, sehingga dapat dikatakan pembelajaran dengan menerapkan model Penemuan Terbimbing telah berhasil. Rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I yang
awalnya sebesar 82% menjadi 90% pada siklus II. Selain itu, nilai rata-rata aktivitas siswa pada saat mengikuti pelajaran juga mengalami perubahan menjadi mendekati waktu ideal dan tidak melewati toleransi batas waktu untuk setiap aspeknya. Berdasarkan uraian-uraian tersebut tersebut disimpukan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah
diterapkan model pembelajaran Penemuan Terbimbing pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di kelas IX-3 SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 030 |
Keywords: | kemampuan pemahaman konsep matematis; model pembelajaran; penemuan terbimbing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 10:30 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32625 |