RITONGA, SUKMA (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIBERI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN INKUIRI DI KELAS VIII SMP NEGERI 30 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4141111049 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2 NIM 4141111049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
3 NIM 4141111049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4 NIM 4141111049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
5 NIM 4141111049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
6 NIM 4141111049 TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7 NIM 4141111049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8 NIM 4141111049 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9 NIM 4141111049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
10 NIM 4141111049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
14 NIM 4141111049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
15 NIM 4141111049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran inkuiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Smp Negeri 30 Medan dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 yang berjumlah 30 siswa dan kelas VIII-7 yang berjumalah 30 siswa. Kelas PBL dijadikan sebagai kelas eksperimen A dan kelas Inkuiri dijadikan kelas eksperimen B. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Instrumen penelitian ini berupa postest yang telah divalidasi dalam bentuk soal uraian. Pada kelas eksperimen A, nilai rata-rata postest adalah 83 sedangkan pada kelas eksperimen b nilai rata-rata postest adalah 79,45. Terhadap data postest dilakukan uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk mengetahui apakah data homogen. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan untuk menjawa hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dua pihak. dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 4,67351 > ttabel = 2,0399 sementara kriterianya H0 jika –ttabel(-2,0399) < thitung(4,67351) < ttabel(2,0399) (tidak memenuhi) sehingga tolak H0 dan terima Ha. Hal ini berarti terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran inkuiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 028 |
Keywords: | PEMAHAMAN KONSEP,PBL,INKUIRI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 10:23 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32621 |