PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIBERI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN INKUIRI DI KELAS VIII SMP NEGERI 30 MEDAN

RITONGA, SUKMA (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIBERI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN INKUIRI DI KELAS VIII SMP NEGERI 30 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4141111049 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4141111049 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4141111049 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4141111049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4141111049  ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4141111049 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4141111049 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4141111049 PREFACE.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4141111049 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4141111049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 4141111049 TABLES.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4141111049 TABLES.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 4141111049 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7 NIM 4141111049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 4141111049 DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
8 NIM 4141111049 DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 4141111049 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9 NIM 4141111049 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 10 NIM 4141111049 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10 NIM 4141111049 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (578kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4141111049 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4141111049 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 15 NIM 4141111049 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15 NIM 4141111049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran inkuiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Smp Negeri 30 Medan dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 yang berjumlah 30 siswa dan kelas VIII-7 yang berjumalah 30 siswa. Kelas PBL dijadikan sebagai kelas eksperimen A dan kelas Inkuiri dijadikan kelas eksperimen B. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Instrumen penelitian ini berupa postest yang telah divalidasi dalam bentuk soal uraian. Pada kelas eksperimen A, nilai rata-rata postest adalah 83 sedangkan pada kelas eksperimen b nilai rata-rata postest adalah 79,45. Terhadap data postest dilakukan uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk mengetahui apakah data homogen. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan untuk menjawa hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dua pihak. dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 4,67351 > ttabel = 2,0399 sementara kriterianya H0 jika –ttabel(-2,0399) < thitung(4,67351) < ttabel(2,0399) (tidak memenuhi) sehingga tolak H0 dan terima Ha. Hal ini berarti terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran inkuiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 MAT 028
Keywords: PEMAHAMAN KONSEP,PBL,INKUIRI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 10:23
Last Modified: 12 Mar 2020 04:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32621

Actions (login required)

View Item
View Item