ANALISIS KESULITAN PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

SIMANJORANG, SAHATA ALONSO (2019) ANALISIS KESULITAN PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4142111025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4142111025 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4142111025 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4142111025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4142111025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4142111025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4142111025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4142111025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4142111025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4142111025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4142111025 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4142111025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4142111025 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4142111025 TABLES.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4142111025 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4142111025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4142111025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4142111025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (874kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4142111025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4142111025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4142111025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4142111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL); 2) kesulitan proses berpikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan pedoman wawancara. Perangkat pembelajaran yang disiapkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar aktivitas siswa (LAS) untuk empat pertemuan. Tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sudah valid untuk setiap butir soal. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: tingkat berpikir kreatif matematis dari 33 siswa dengan kemampuan ‘sangat rendah’ sebanyak 0%, kemampuan berpikir kreatif ‘rendah’ sebanyak 27,3%, kemampuan berpikir kreatif ‘sedang’ sebanyak 42,4%, kemampuan berpikir kreatif ‘tinggi’sebanyak 21,2%, dan kemampuan berpikir kreatif ‘sangat tinggi’ sebanyak 9,1%; pada tahap persiapan siswa sudah mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah dengan belajar berpikir, mencari jawaban, bertanya kepada guru; pada tahap inkubasi, kegiatan mencari dan menghimpun data/informasi; pada tahap iluminasi, menimbulkan adanya gagasan baru; hingga pada tahap verifikasi/evaluasi, pengerjaan LAS berisi dengan benar serta pembelajaran berjalan dengan lancar; analisis kesulitian proses berpikir kreatif matematis penelitian ini adalah kesulitan dalam menerapkan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal bersamaan dengan kekurangmampuan merinci pemecahan masalah yang ditandai dengan adanya kesulitan prinsip dan prosedur yang meliputi ketidakmampuan merencanakan penyelesaian; ketidakmampuan melakukan kegiatan penemuan; ketidakmampuan mengabtraksikan pola-pola, ketidakmampuan mengutarakan artinya dan tidak dapat menerapkan prinsip. Disamping itu juga, adanya ketidakmampuan memberikan banyak ide, ketidakmampuan menyelesaikan masalah dari sudut pandang yang berbeda, ketidakmampuan menyelesaiakan masalah dengan cara sendiri, dan ketidakmampuan mengembangkan atau merincikan secara detil suatu situasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 MAT 026
Keywords: Proses Berpikir Kreatif; Model Problem Based Learning (PBL)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 10:17
Last Modified: 04 Mar 2020 02:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32617

Actions (login required)

View Item
View Item