HSB, SARI RAHMADANI (2018) ANALISIS PENERAPAN MODEL VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE OLEH GURU DALAM MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/ 2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2141111035 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 2141111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
3. NIM 2141111035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM 2141111035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM 2141111035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM 2141111035 TABLES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM 2141111035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 2141111035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
12. NIM 2141111035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
13. NIM 2141111035 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model VCT (Value Clarification Technique) yang dilakukan oleh Ibu Ismi Hidayani, S.Pd. selaku guru di SMA Negeri 11 Medan. Model pembelajaran VCT merupakan suatu teknik pendidikan nilai yang melatih siswa untuk menemukan, memilih, menganalisis dan membantu siswa dalam mengambil sikap sendiri. Model pembelajaran VCT terdiri dari enam tahapan yaitu: penentuan stimulus, penyajian stimulus, penentuan posisi, menguji alasan, penyimpulan dan pengarahan serta tindak lanjutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mendeskripsikan data-data penelitian yang ada. Penelitian ini difokuskan pada tahapan-tahapan yang dilakukan guru sesuai dengan tahapan model pembelajaran VCT. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, catat lapangan dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini untuk tahapan menerapkan model VCT oleh Ibu Ismi Hidayani, S.Pd. yaitu beliau menerapkan 18 langkah dari 19 langkah dengan persentase mencapai 77% dan dalam kegiatan pengembangan karakter, guru menerapkan 24 langkah dari 40 langkah dengan persentase mencapai 91,15%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 011 |
Keywords: | ANALISIS, MODEL PEMBELAJARAN VCT, GURU, TEKS EKSPLANASI, KARAKTER |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 10:00 |
Last Modified: | 16 May 2019 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32605 |