UTARI, TRY (2018) ANALISIS KESINAMBUNGAN KONSEP MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA BUKU TEKS PELAJARAN KUIRIKULUM 2013 PADA PENERBIT ERLANGGA PADA JENJANG SD, SMP, DAN SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142141029 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM 4142141029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM 4142141039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 4142141029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. NIM 4142141029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. NIM 4142141029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
7. NIM 4142141029 TABLES.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
8. NIM 4142141029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
9. NIM 4142141029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
13. NIM 4142141029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 4142141029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perluasan dan pendalaman konsep materi sistem peredaran darah pada buku teks pelajaran kurikulum 2013 pada penerbit Erlangga yang digunakan di jenjang SD, SMP, dan SMA. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif berupa analisis isi. Penelitian ini dilakukan pada Januari-Juli 2018 pada Perpustakaan Daerah Sumatera Utara. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan persyarat buku teks pelajaran ditulis berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi 2016 pada penerbit yang sama dari jenjang SD, SMP, dan SMA dan memuat materi sistem peredaran darah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumentasi (documentary study). Data dianalisis secara deskripsi kualitatif dengan analisis isi dengan perhitungan persentase. Kesinambungan konsep materi diketahui dari perluasan dan pendalaman konsep materi pada setiap jenjang pendidikan. Hasil penelitian perluasan konsep materi sistem peredaran darah diperoleh persentase 54,52% dengan kriteria cukup meluasdan pendalaman konsep materi sistem peredaran darah diperoleh persentase 50,43% dengan kriteria cukup mendalam. Kesinambungan konsep materi sistem peredaran darah pada buku teks kurikulum 2013 pada penerbit Erlangga pada jenjang SD, SMP, dan SMA diperoleh persentase 52,47% dengan kriteria cukup berkesinambungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 021 |
Keywords: | Kesinambungan; Perluasan; Pendalaman; Sistem Peredasran Darah; Buku Teks; Kurikulum 2013 |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 09:55 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32601 |