SIBURIAN, HARIS HAMONANGAN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS XI SMA N 3 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4142111012 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2 NIM 4142111012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3 NIM 4142111012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
4 NIM 4142111012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
5 NIM 4142111012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
6 NIM 4142111012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
7 NIM 4142111012 TABLES.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
8 NIM 4142111012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
9 NIM 4142111012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (866kB) | Preview
13 NIM 4142111012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14 NIM 4142111012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMA N 3 Medan TA 2018/2019 pada materi Program Linier di kelas XI SMA Negeri 3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan. Sedangkan yang menjadi sample penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen yaitu kelas XI-MIA 5 sedangkan kelas kontrol yaitu XI-MIA 4. SMA Negeri 3 Medan T.A 2018/2019. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan edmodo dan kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari analisis data pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata Post-test 87,83 dan simpangan baku 7,24. Pada kelas kontrol diperoleh rata-rata post-test 77,8 dan simpangan baku 8,82.Berdasarkan analisis data post-test kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan uji-t pada taraf á = 0,05 diperoleh thitung = 4,81 dan ttabel = 1,672.. Hal ini berarti bahwa tolak Ho. Dengan demikian memperlihatkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan edmodo lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Berdasarkan uraian-uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas XI SMA Negeri 3 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 021 |
Keywords: | Think Pair Share; Kemampuan Pemecahan Masalah; Edmodo |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 09:51 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32598 |