TAMBUNAN, SAUR HELMITA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 KABANJAHE PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143141061 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 4143141061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
3. NIM. 4143141061 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
4. NIM. 4143141061 PREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 4143141061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 4143141061 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4143141061 TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 4143141061 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4143141061 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
13. NIM. 4143141061 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM. 4143141061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses sains siswa di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kabanjahe pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas berjumlah 102 siswa yang diambil berdasarkan random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji ANAVA satu jalur pada taraf signifikan α=0,05 dengan bantuan SPSS 22,0. Sebelum ANAVA satu jalur digunakan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas varians dengan uji Levene’s. Berdasarkan hasil analisis varians (ANAVA) diketahui bahwa terdapat perbedaan yang sangat singnifikan hasil postest kemampuan pemecahan masalah (P = 0,000) dan keterampilan proses sains siswa (P = 0,000). Dari uji lanjutan menggunakan Tukey diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) hasil kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model PBL (79,02) lebih tinggi dibandingkan hasil kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model GI (Group Investigation) (74,08), dan konvensional (59,80); (2) hasil keterampilan proses sains siswa dengan model GI (68,23) lebih tinggi dibandingkan hasil keterampilan proses sains siswa dengan model PBL (57,20) dan konvensional (51,76).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 018 |
Keywords: | Problem Based Learning, Group Investigation, Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 09:38 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32592 |