PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 KABANJAHE PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

TAMBUNAN, SAUR HELMITA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 KABANJAHE PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4143141061 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4143141061 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4143141061 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4143141061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4143141061 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4143141061 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4143141061 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4143141061 PREFACE.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4143141061 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4143141061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4143141061 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4143141061 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4143141061 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4143141061 TABLES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4143141061 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4143141061 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4143141061 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4143141061 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4143141061 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4143141061 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4143141061 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4143141061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses sains siswa di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kabanjahe pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas berjumlah 102 siswa yang diambil berdasarkan random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji ANAVA satu jalur pada taraf signifikan α=0,05 dengan bantuan SPSS 22,0. Sebelum ANAVA satu jalur digunakan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas varians dengan uji Levene’s. Berdasarkan hasil analisis varians (ANAVA) diketahui bahwa terdapat perbedaan yang sangat singnifikan hasil postest kemampuan pemecahan masalah (P = 0,000) dan keterampilan proses sains siswa (P = 0,000). Dari uji lanjutan menggunakan Tukey diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) hasil kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model PBL (79,02) lebih tinggi dibandingkan hasil kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model GI (Group Investigation) (74,08), dan konvensional (59,80); (2) hasil keterampilan proses sains siswa dengan model GI (68,23) lebih tinggi dibandingkan hasil keterampilan proses sains siswa dengan model PBL (57,20) dan konvensional (51,76).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BIO 018
Keywords: Problem Based Learning, Group Investigation, Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 09:38
Last Modified: 04 Mar 2020 07:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32592

Actions (login required)

View Item
View Item